Rancang Bangun Media Pembelajaran Mikrokontroller Berbasis Augmented Reality (AR)

Mukhlisin Mukhlisin, Hamsu Abdul Gani, Purnamawati Purnamawati, Umar Muhammad

Sari


Teknologi computer vision yang merupakan cabang dari kecerdasan buatan atau artificial intelligence berkembang sangat cepat. Dengan memanfaatkan komputer, dapat dibuat sangat banyak produk-produk berbasiskan teknologi. Salah satunya yaitu teknologi Augmented Reality (AR). Saat ini penggunaan teknologi AR telah banyak dimanfaatkan dalam berbagai bidang salah satunya bidang pendidikan. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui desain dan bentuk media pembelajaran mikrokontroller berbasis arduino yang dapat digunakan pada kegiatan pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah  metode  ekperimen.  Pengujian  dilakukan  dengan  melakukan  pengukuran  jarak  dan  sudut  keterbacaan  kamera terhadap marker objek AR. Hasil penelitian menunjukkan jarak ideal yang dapat dideteksi oleh kamera berada pada jarak 10  –  60  cm.  Sedangkan  sudut  ideal  yang  dapat  dideteksi  oleh  kamera  berada  pada  sudut  90º  –  170º.  Hasil  pengujian keseluruhan tampilan program aplikasi menunjukkan hasil yang baik.

Kata Kunci


Media Pembelarajan, Mikrokontroller, dan Augmented Reality (AR)

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Munir, Pembelajaran Digital. Bandung: CV. Alfabeta, 2017.

H. R. Budiana, “Pemanfaatan TeknologiInformasi dan Komunikasi Dalam Pembelajaran Bagi Para Guru SMPN 2 Kawali Desa Citeureup Kabupaten Ciamis,” Dharmakarya J. Apl. Ipteks untuk Masy., vol. 4, no. 1, pp. 59–62, 2015.

I. Mustaqim, “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality,” J. Edukasi Elektro, vol. 1, no. 1, pp. 36–48, 2017.

O. Alkhamisi, “Rise of Augmented Reality: Current and Future Application Areas,” Int. J. Internet Distrib. Syst., vol. 1, no. 1, pp. 25–34, 2013.

Y. Y. Joefrie, “Teknologi Augmented Reality,” Maj. Ilm. Mektek, vol. 13, no. 3, pp. 194–203, 2011.

C. H. Chen, Y. Y. Chou, and C. Y. Huang, “An augmented-reality-based concept map to support mobile learning for science,” Asia-Pacific Educ. Res., 2016, [Online]. Available: https://link.springer.com/article/10.1007/s40299-016-0284-3.

A. N. N. Chamim, “Penggunaan Microkontroller Sebagai Pendeteksi Posisi Dengan Menggunakan Sinyal GSM,” J. Inform., vol. 4, no. 1, pp. 430–439, 2010.

S. N. Anwar, “Perancangan dan Implementasi Aplikasi Mobile Semarang Guidance pada Android,” J. Teknol. Inf. Din., vol. 20, no. 1, 2015.

Ni Kadek Ceryna Dewi, “Rancang Bangun Aplikasi Mobile SISKA Berbasis Android,” SINTECH (Science Inf. Technol. J., vol. 1, no. 2, pp. 101–107, 2018.

Mantasia, “Pengembangan Teknologi Augmented Reality Sebagai Penguatan dan Penunjang Metode Pembelajaran di SMK Untuk Implementasi Kurikulum 2013,” J. Pendidik. Vokasi, vol. 6, no. 3,

pp. 281–291, 2016.




DOI: https://doi.org/10.61141/joule.v3i1.240

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

INDEXES IN

                                 

Jalan Kapasa Raya No. 23 (KIMA)
Makassar-Sulsel 90245
Email: Joule.TLS@politeknikbosowa.ac.id
https://jurnal.politeknikbosowa.ac.id/

 


View My Stats

 

Creative Commons License
This work is licensed under a
Creative Commons Attribution 4.0 International License.