Peranan Room Attendant dalam Menangani Hygiene dan Sanitasi Kamar di Aswin Hotel dan Spa Makassar

Riyan Rainaldi, Riska Veronika, Dewi Andriani

Abstract


Floor section merupakan bagian dari Housekeeping departemen yang bertugas menangani kebersihan, kenyamanan, keamanan dan keindahan kamar. Penelitian ini fokus kepada peran room attendant dalam melaksanakan fungsinya untuk mengimplementasi hygiene dan sanitasi kamar tamu. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi partisipan dan wawancara semi terstruktur. Sampel dalam penelitian ini adalah supervisor dan room Attendant di Aswin Hotel dan Spa Makassar. Hasil penelitian menunjukan bahwa room attendant di Aswin Hotel dan Spa Makassar telah menerapkan higiene dan sanitasi tetapi room attendant memiliki kendala  di dalam penerapannya  yang berasal dari faktor internal adalah Room Attendant tidak konsisten dengan penggunaan bahan pembersih dan kemampuan dari masing-masing room attendant berbeda-beda dalam penerapan penaganan higiene dan sanitasi di Aswin Hotel dan Spa Makassar.

Kata Kunci: room attendant, hygiene, sanitasi, kamar tamu

References


Kurniawan, Yulianto, 2017. Usaha Room Boy Dalam Menjaga Standar Kebersihan Kamar Hunian di Abadi Hotel Jogja.

Tarigan, 2017. Peranan Room Attendant Dalam Mengani Hygiene dan Sanitasi Kamar di Hotel Emerald Garden Medan.

Novani, 2009. Peranan Housekeeping Departement Dalam Menangani Higiene Dan Sanitasi Kamar Di Emerlanad Internasional Hotel.

Diansyah, 2017. Hubungan Kualitas Pelayanan Karyawan Room Attendant Dengan Kepuasan Tamu Yang Menginap Di Hotel Rocky Plaza Padang.

Wulanto, Hadi, 2014. Peranan Housekeeping Dalam Meningkatkan Kepuasan Tamu Melalui Kebersihan Kamar Pada Housekeeping Departement di Sagan Huis Hotel Yogyakarta.

Utami, 2016. Manajemen Media Relations Hotel Swiss-Belinn Dalam Meningkatkan Citra Di Tengah Persaingan Bisnis Hotel Di Kota Makassar.

Yustino, 2017. Peranan Room Attendant Dalam Memberikan Pelayanan Kamar Sesuai Dengan Atandard Opertional Procedure di Hotel Amaris Margorejo Surabaya.

Sofial, 2015. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Housekeeping Departement di Hotel Ibis Pekanbaru




DOI: https://doi.org/10.61141/home.v3i1.114

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
Contact us: HOME : Hospitality and Gastronomy Journal ; Jl. Kapasa Raya No.23, Kelurahan Kapasa, Kecamatan Tamalanrea Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia