Fashion Meets TikTok: Exploring The Synergy of Influencer and Viral Marketing for Brand Engagement
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh influencer marketing dan viral marketing terhadap brand engagement dalam industri fashion di platform TikTok. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif dan survei, serta analisis regresi linier berganda dan bantuan koefisien determinasi dengan software SPSS ver 30 untuk menguji hubungan antara variabel independen dan dependen. Berdasarkan hasil uji regresi, ditemukan bahwa influencer marketing dan viral marketing memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap brand engagement. Fenomena utama yang terungkap adalah bahwa peningkatan penggunaan influencer marketing dan viral marketing di TikTok dapat memperkuat keterlibatan pengguna dengan brand, terutama dalam konteks industri fashion yang sangat visual dan berbasis tren. Implikasi teoritis dari hasil penelitian ini adalah pentingnya penerapan strategi pemasaran digital yang melibatkan influencer dan viral marketing untuk meningkatkan keterlibatan merek. Produk atau merek harus mempertimbangkan untuk memanfaatkan influencer dan konten yang dapat dengan cepat menyebar di media sosial untuk memperluas jangkauan dan interaksi dengan konsumen.
Keywords
Full Text:
UntitledReferences
Aplikasi yang Paling Banyak Diunduh di Indonesia 2023, TikTok Rajanya—GoodStats Data. (n.d.). Retrieved
January 16, 2025, from https://data.goodstats.id/statistic/10-aplikasi-yang-paling-banyak-diunduh-diindonesia-2023-tiktok-rajanya-QU1Iw
Bilgin, Y. (2018). THE EFFECT OF SOCIAL MEDIA MARKETING ACTIVITIES ON BRAND AWARENESS,
BRAND IMAGE AND BRAND LOYALTY. Business & Management Studies: An International Journal,
https://doi.org/10.15295/v6i1.229
De Veirman, M., Cauberghe, V., & Hudders, L. (2017). Marketing through Instagram influencers: The impact of
number of followers and product divergence on brand attitude. International Journal of Advertising, 36(5),
–828. https://doi.org/10.1080/02650487.2017.1348035
Digital 2024: Indonesia. (2024, February 21). DataReportal – Global Digital Insights.
https://datareportal.com/reports/digital-2024-indonesia
Erwin, E., Suade, Y. K. M., Tanesia, C. Y., Sharon, S., & Maichal, M. (2023). Customer Engagement Usaha Kuliner;
Kontribusi Marketing Content dan Efek Viral Marketing Campaigns. INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis Dan
Manajemen Indonesia, 6(3), Article 3. https://doi.org/10.31842/jurnalinobis.v6i3.285
Fernanda, E. R., & Dwita, V. (2024). The Impact of Social Media Marketing on TikTok: Exploring Brand Awareness
and Consumer Brand Engagement as Mediators of Purchase Intention among Gen Z in Padang: Santhet
(Jurnal Sejarah Pendidikan Dan Humaniora), 8(2), Article 2. https://doi.org/10.36526/santhet.v8i2.4816
Generation Z in Indonesia—Statistics & facts | Statista. (n.d.). Retrieved January 5, 2025, from
https://www.statista.com/topics/12373/generation-z-in-indonesia/#editorsPicks
Hair, J., Page, M., & Brunsveld, N. (2019). Essentials of Business Research Methods.
https://doi.org/10.4324/9780429203374
Ishihara, Y., & Oktavianti, R. (2021). Personal Branding Influencer di Media Sosial TikTok. Koneksi, 5, 76.
https://doi.org/10.24912/kn.v5i1.10162
Kádeková, Z., & Holienčinová, M. (2018). Influencer marketing as a modern phenomenon creating a new frontier of
virtual opportunities. Communication Today, 9, 90–104.
Lou, C., & Yuan, S. (2018). Influencer Marketing: How Message Value and Credibility Affect Consumer Trust of
Branded Content on Social Media. Journal of Interactive Advertising, 19, 1–45.
https://doi.org/10.1080/15252019.2018.1533501
Nguyen, C., & Nguyễn, D. (2020). A Study of Factors Affecting Brand Awareness in the Context of Viral Marketing
in Vietnam. SSRN Electronic Journal, 5401–5411. https://doi.org/10.2139/ssrn.3906104
Puriwat, W., & Tripopsakul, S. (2021). The Role of Viral Marketing in Social Media on Brand Recognition and
Preference. Emerging Science Journal, 5, 855–867. https://doi.org/10.28991/esj-2021-01315
Saputro, K. A., Wahyudi, T. N., & Yuningsih, Y. (2023). Influencer Marketing Strategies in Increasing Customer
Engagement (Tiktok Minke Case Study). Proceedings International Conference on Education Innovation
and Social Science, 9–21.
DOI: https://doi.org/10.61141/pabean.v7i1.639
Refbacks
- There are currently no refbacks.