Fashion Meets TikTok: Exploring The Synergy of Influencer and Viral Marketing for Brand Engagement

Nur Fadilah Ayu Sandira, Indri Iswardhani, Sri Astuti Nasir, Nulthazam Sarah, A. Reski Almaida Dg Macenning

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh influencer marketing dan viral marketing terhadap brand engagement dalam industri fashion di platform TikTok. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif dan survei, serta analisis regresi linier berganda dan bantuan koefisien determinasi dengan software SPSS ver 30 untuk menguji hubungan antara variabel independen dan dependen. Berdasarkan hasil uji regresi, ditemukan bahwa influencer marketing dan viral marketing memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap brand engagement. Fenomena utama yang terungkap adalah bahwa peningkatan penggunaan influencer marketing dan viral marketing di TikTok dapat memperkuat keterlibatan pengguna dengan brand, terutama dalam konteks industri fashion yang sangat visual dan berbasis tren. Implikasi teoritis dari hasil penelitian ini adalah pentingnya penerapan strategi pemasaran digital yang melibatkan influencer dan viral marketing untuk meningkatkan keterlibatan merek. Produk atau merek harus mempertimbangkan untuk memanfaatkan influencer dan konten yang dapat dengan cepat menyebar di media sosial untuk memperluas jangkauan dan interaksi dengan konsumen.


Keywords


Influencer Marketing; Brand Engagement; Viral Marketing

Full Text:

Untitled

References


Aplikasi yang Paling Banyak Diunduh di Indonesia 2023, TikTok Rajanya—GoodStats Data. (n.d.). Retrieved

January 16, 2025, from https://data.goodstats.id/statistic/10-aplikasi-yang-paling-banyak-diunduh-diindonesia-2023-tiktok-rajanya-QU1Iw

Bilgin, Y. (2018). THE EFFECT OF SOCIAL MEDIA MARKETING ACTIVITIES ON BRAND AWARENESS,

BRAND IMAGE AND BRAND LOYALTY. Business & Management Studies: An International Journal,

https://doi.org/10.15295/v6i1.229

De Veirman, M., Cauberghe, V., & Hudders, L. (2017). Marketing through Instagram influencers: The impact of

number of followers and product divergence on brand attitude. International Journal of Advertising, 36(5),

–828. https://doi.org/10.1080/02650487.2017.1348035

Digital 2024: Indonesia. (2024, February 21). DataReportal – Global Digital Insights.

https://datareportal.com/reports/digital-2024-indonesia

Erwin, E., Suade, Y. K. M., Tanesia, C. Y., Sharon, S., & Maichal, M. (2023). Customer Engagement Usaha Kuliner;

Kontribusi Marketing Content dan Efek Viral Marketing Campaigns. INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis Dan

Manajemen Indonesia, 6(3), Article 3. https://doi.org/10.31842/jurnalinobis.v6i3.285

Fernanda, E. R., & Dwita, V. (2024). The Impact of Social Media Marketing on TikTok: Exploring Brand Awareness

and Consumer Brand Engagement as Mediators of Purchase Intention among Gen Z in Padang: Santhet

(Jurnal Sejarah Pendidikan Dan Humaniora), 8(2), Article 2. https://doi.org/10.36526/santhet.v8i2.4816

Generation Z in Indonesia—Statistics & facts | Statista. (n.d.). Retrieved January 5, 2025, from

https://www.statista.com/topics/12373/generation-z-in-indonesia/#editorsPicks

Hair, J., Page, M., & Brunsveld, N. (2019). Essentials of Business Research Methods.

https://doi.org/10.4324/9780429203374

Ishihara, Y., & Oktavianti, R. (2021). Personal Branding Influencer di Media Sosial TikTok. Koneksi, 5, 76.

https://doi.org/10.24912/kn.v5i1.10162

Kádeková, Z., & Holienčinová, M. (2018). Influencer marketing as a modern phenomenon creating a new frontier of

virtual opportunities. Communication Today, 9, 90–104.

Lou, C., & Yuan, S. (2018). Influencer Marketing: How Message Value and Credibility Affect Consumer Trust of

Branded Content on Social Media. Journal of Interactive Advertising, 19, 1–45.

https://doi.org/10.1080/15252019.2018.1533501

Nguyen, C., & Nguyễn, D. (2020). A Study of Factors Affecting Brand Awareness in the Context of Viral Marketing

in Vietnam. SSRN Electronic Journal, 5401–5411. https://doi.org/10.2139/ssrn.3906104

Puriwat, W., & Tripopsakul, S. (2021). The Role of Viral Marketing in Social Media on Brand Recognition and

Preference. Emerging Science Journal, 5, 855–867. https://doi.org/10.28991/esj-2021-01315

Saputro, K. A., Wahyudi, T. N., & Yuningsih, Y. (2023). Influencer Marketing Strategies in Increasing Customer

Engagement (Tiktok Minke Case Study). Proceedings International Conference on Education Innovation

and Social Science, 9–21.




DOI: https://doi.org/10.61141/pabean.v7i1.639

Refbacks

  • There are currently no refbacks.