PENGARUH BRAND IMAGE DAN BRAND TRUST TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN LAPTOP ASUS

Annisa Rahmadani, Anwar Ramli

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Brand Image Dan Brand Trust Terhadap Keputusan Pembelian Laptop Asus  (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Makassar). Variabel bebas dalam penelitian ini adalah Brand Image dan Brand Trust sedangkan variabel terikatnya adalah Keputusan Pembelian. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh mahasiswa aktif fakultas ekonomi dan bisnis Angkatan 2018 yang menggunakan laptop Asus sebanyak 825 orang responden sedangkan sampel yang digunakan yaitu sebanyak 90 orang mahasiswa dengan teknik penarikan sampling teknik purpossive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan menggunakan SPSS 25.00 for windows. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh persamaan regresi berganda Y = 1,064+ 0,556X1 + 0,673X2. Sedangkan pada koefisien determinasinya = 0,510 artinya variabel Brand Image dan Brand Trust memberikan pengaruh sebesar 51% terhadap keputusan pembelian. Sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain. Dari hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa bran Brand Image dan Brand Trust merupakan hal yang sangat penting untuk diperhatikan oleh suatu perusahaan, semakin baik Brand Image dan Brand Trust suatu konsumen maka semakin baik pula konsumen dalam menentukan keputusan untuk membeli laptop Asus.

Keywords


Brand Image; Brand Trust; Keputusan Pembelian

References


Chi,H.K, Yeh, H. R., & Chio, C.Y. 2009. The effect of Brand Affect on Female Cosmetic User Brand Loyalty in Taiwan. The Journal of American Academy of Business, 14(2), 230-236.

Evelina Nela, Handoyo DW, dan Sari Listyorini. 2012. Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, Harga, dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Kartu Perdana Telkom Flexi (Studi kasus pada konsumen Telkom Flexi di Kecamatan Kota Kudus Kabupaten Kudus). Jurnal Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Universitas Diponegoro : Semarang.

Fandy Tjiptono. +2008. Strategi Pemasaran. Edisi III. Yogyakarta: Andi Ferrinadewi, Erna. 2008. Merekdan Psikologi Konsumen. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Ghozali, Imam. 2009. Aplikasi Analisa Multivariate, Dengan Program SPSS Universitas Diponogoro.

Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program (IBM SPSS). Edisi 8. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang.

Husein, Umar. 2010. Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis Bisnis Edisi 11. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Kumar, V. 2008. Managing Customer For Profit. USA: Pearson Education.

Kotler, Philip dan Lane Keller, Kevin. 2009. Manajemen Pemasaran Jilid 1. Edisi ke 13. Diterjemahkan oleh Bob Sabran. Jakarta: Erlangga.

. 2012. Marketing Management. Edisi 14. Jakarta: Erlangga.

Luk, S., & Yip, L. (2008). The Moderator Effect of Monetary Sales Promotion on the Relationship Between Brand. Journal of Brand Management, Vol. 15 No. 6, pp. 452-464.




DOI: https://doi.org/10.61141/pabean.v4i2.308

Refbacks

  • There are currently no refbacks.