ANALISIS STRATEGI DALAM UPAYA MEMPERTAHANKAN KARYAWAN ANTARA RICHISAM CHICKEN DENGAN USAHA AYAM GEPREK PKL PADA MASA PANDEMI COVID-19

Khaerun Nisa, Zainal Ruma, Muhammad Ichwan Musa

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui strategi dalam mempertahankan karyawan pada masa pandemic covid-19 oleh usaha UMKM Richisam Chicken dengang kaki lima atau disingkat PKL dengan menggunakan metode analisis SWOT dengan pencocokan metode SWOT, kemudian dirangkum dalam matrik SWOT yang dikembangkan oleh Kearns. Hasil penelitian menunjukkan 2 dari 5 strategi yang diterapkan tidak berhasil dalam mempertahankan karyawan. Hambatan yang dihadapi dalam menerapkan strategi tersebut yaitu karyawan itu sendiri yang ingin keluar karena pandemi covid-19. Pedagang kaki lima atau PKL tidak memiliki strategi khusus untuk mempertahankan karyawannya.

Keywords


Analisis Strategi; Analisis SWOT

References


Budio, Sesra. (2019). “Strategi Manajemen Sekolah”. Jurnal Menata, 2(2), 58.

Istiqomah & Andriyanto, Irshad. (2017). “Analisis SWOT dalam Pengembangan Bisnis (Studi pada Sentra Jenang di Desa Wisata Kaliputu Kudus). Jurnal Bisnis dan Manajemen Islam. 5(2), 370.

Ruky, Achmad.S. (2014). Menjadi Eksekutif Manajemen SDM Profesional. Yogyakarta: ANDI.

Susan, Eri. (2017). "Manajemen Sumber Daya Manusia". Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 9(2), 956.

Wahyuni, Luthfia Reza. (2020). "Strategi Peningkatan Kinerja Karyawan Melalui Penataan Ruang Kantor Pada Bidang Sekretariat Kantor Dinas Bina Marga Dan Bina Konstruksi Provinsi Sumatera Utara". Skripsi. Medan: Universitas Sumatera Utara.

Zendrato, Walsyukurniat. (2020). “Gerakan Mencegah Daripada Mengobati Terhadap Pandemi Covid-19”. Jurnal Education and Development, 8(2), 242.




DOI: https://doi.org/10.61141/pabean.v4i2.303

Refbacks

  • There are currently no refbacks.