Rancang Bangun Elephant Robot Pelempar Bunga Berbasis Mikrokontroler

Abdurrahman Nur, Pryusmisalto Pryusmisalto, Egi Andriadi, Muhammad Nur, Nur Azhary Iriawan

Sari


Penelitian  Rancang  Bangun  Elephant  Robot  Pelempar  Bunga  Berbasis  Mikrokontroler  ditujukan  untuk menyemarakkan  kegiatan  kontes  ABU  ROBOCON  2023  di  Kamboja,  yang  merupakan  salah  satu  perwujudan pelestarian budaya Kamboja, yakni tarian Apsara dan Permainan Kubangan. Tujuan dari penelitian rancang bangun Elephant Robot adalah  untuk  melemparkan  bunga  ke  atas  Angkor  Wat  dengan  mengimplementasikan  gerak holonomic  yang  dikontrol  menggunakan  aplikasi  android  dengan  modul  Bluetooth  HC-05  sebagai  media komunikasi  robot,  Mikrokontroler  ATMega2560  sebagai  pengendali  utama,  driver  motor  BTS7960  sebagai  motor pergerakan  robot,  sedangkan  sensor  limit  switch  digunakan  untuk  membatasi  pergerakan  motor.  Pada  penelitian rancang  bangun  Elephant  Robot  menggunakan  prosedur  pengambilan  data  dengan  metode  eksperimental.  Hasil rancangan  Elephant  Robot  berupa  robot  manual  yang  digerakkan  dengan  menggunakan  aplikasi  android.  Robot dapat  melempar  bunga  ke  tiang  A  dengan  jarak  74cm  dan  tiang  B  dengan  jarak  163cm  dengan  persentase keberhasilan didapatkan pada tiang A sebesar 60% pada sudut kemiringan 450 dan pada tiang B sebesar 30% pada sudut kemiringan 400.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


K. Robot ABU Asia-Pasifik, P. Penh, P. Tuan Rumah Kamboja Komite, T.-T. Nasional Kamboja, B. Peraturan, and M. Bunga di atas Angkor Wat, Tema dan Aturan Phnom Penh, Kamboja Kontes Robot ABU Asia-Pasifik 2023. 2022.

D. Setyadi, “KERJASAMA KAMBOJAINTERNATIONAL FINANCE CORPORATION (IFC) DALAM MENINGKATKAN WISATAWAN DI KAMBOJA 2012-2020,” eJournal Ilmu Hubungan Internasional, vol. 8, no. 1, 2020.

Radio Suara Vietnam Vov Internasional, “Apsara: Tarian bidadari Kamboja.” 2o17, Feb. 09, 2017.

J. Kajian, I. Dan, P. Geografi, and A. Munawar, “IDENTIFIKASI BUDAYA DI REGION ASIA TENGGARA”.

D. Kurnia et al., “Rancang Bangun Robot Pemadam Api Menggunakan Kontrol Bluetooth dan Virtual Reality Design and Implementation of Fire Extinguisher Robot Using Bluetooth Control and Virtual Reality,” TELKA, vol. 5, no. 2, pp. 139–146, 2019.

A. Radhiatul Kamila, dan Teguh Tri Sugiono, J. Teknik Elektro, and P. Negeri Jakarta, “RANCANG BANGUN TONGKAT BANTU PENDETEKSI PENGHALANG, AIR, DAN LOKASI TUNANETRA,” vol. 18, pp. 217–224, 2019.

A. A. Rafiq, M. Yusuf, and P. Pujono, “DIGITAL IMAGE PROCESSING MENGGUNAKAN PERANGKAT LUNAK NI VISION DAN IP KAMERA DENGAN ROVER BOGIE ROBOT,” Jurnal Ecotipe (Electronic, Control, Telecommunication, Information, and Power Engineering), vol. 6, no. 1, pp. 1– 11, Apr. 2019, doi: 10.33019/ecotipe.v6i1.940.

A. Ashari et al., “Rancang Bangun Pass Robot Kontes Robot ABU Indonesia ( KRAI) 2020,” vol. 1, pp. 55–61, 2019.

R. Effendi, “KENDALI SENAPAN MENGGUNAKAN JOYSTICK BERBASIS MIKROKONTROLER ATMEGA32 DENGAN MODUL NRF24L01,” 2020. [Online]. Available: http://www.slagcoin.com/joystick/pcb_di agrams/ps1_

Gordon L. Fatzer, Experiment-Research Methodology in Marketing. 1996.

M. Nazir, Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia, 1998.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


View My Stats