PENGARUH LASER CO2 TERHADAP PENINGKATAN KERF WITDH PADA POLIMETIL METAKRILAT (PMMA)

Muhammad Ikhsan, Muh Ikram Kido

Sari


Laser Cutting CO2 merupakan peralatan pemotong menggunakan sinar laser CO2 yang digerakkan dengan bantuan perintah komputer. Proses pemotongan laser CO2 terdiri dari campuran gas karbon dioksida (CO2), nitrogen (N2), Hidrogen (H2), dan helium (He) yang dialiri arus listrik. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan tingkat kerf width pada material PMMA ketebalan 3 mm dan 5 mm. Parameter pemotongan dalam penelitian ini menggunakan Arus 60 Ampere, 70 Ampere dan 80 Ampere serta menggunakan kecepatan potong 20 mm/s, 30 mm/s, dan 40 mm/s. Dari penelitian ini didapat hasil cutting PMMA yaitu kerf Width  dengan  nilai 0,89 mm menggunakan arus 80 ampere dan kecepatan 20 mm/s pada ketebalan PMMA 3 mm. Sedangkan pada ketebalan PMMA 5 mm juga memiliki nilai kerf width yang lebih besar dengan Arus 80 ampere dan kecepatan 20 mm/s yaitu 0,56 mm. Sedangkan tingkat minimum nilai kerf didapat pada arus 60 ampere pada kecepatan 40 mm/s yaitu 0,25 mm. Dalam percobaan, proses sublimasi dan tingkat efisiensi nilai kerf bergantung pada ketebalan PMMA dan arus laser yang digunakan. Kerf Width yang dihasilkan dari pemotongan PMMA dengan ketebalan 3 mm memiliki tingkat kekasaran pada tepi potong yang lebih kecil dibandingkan dengan PMMA ketebalan 5 mm. PMMA dengan ketebalan 5 mm mengalami microcracking pada tepi area kerf width yang diakibatkan oleh distorsi thermal pada proses pemotongan. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi nilai arus dan rendahnya kecepatan pada proses pemotongan laser CO2 maka nilai kerf width semakin besar dan sebaliknya rendahnya arus dan tingginya kecepatan maka nilai kerf width akan semakin rendah.

Teks Lengkap:

Tidak berjudul

Referensi


Giri Halim, A., & Budiyanto, E. Analisa kerja mesin CNC laser cutting CO2 2 Axis berbasis MACH3 pada variasi pemotongan.

Whitehouse, David R. 1993. Guide To Laser Materials Processing, Laser Institute of America.

Madhava, P., & Reddy, K. D. (2024). Empirical Modeling and Analysis of Process Parameters in Laser Beam Cutting Process. International Journal of Mechanical Engineering and Robotics Research, 13(1).

Elsheikh, A. H., Deng, W., & Showaib, E. A. (2020). Improving laser cutting quality of polymethylmethacrylate sheet: experimental investigation and optimization. Journal of Materials Research and Technology, 9(2), 1325-1339.

Wahyuni, D., & Dewi, S. R. (2010). Penelitian Pembuatan Polimetil Metakrilat. Jurnal Teknologi Dirgantara, 1(2).


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


.Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.