UJI COBA PEMANFAATAN JAGUNG MENJADI SELAI TANPA GULA TEBU

Nial Rinaldi Aslam, St. Hadijah, Dewi Andriani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengolahan jagung manis dan jagung pulut menjadi selai tanpa tambahan gula tebu dan daya terima masyarakat terhadap selai tersebut .Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimental. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik deskriptif. Parameter yang diamati adalah uji hedonik yaitu rasa, tekstur, warna, dan aroma pada selai jagung tanpa penambahan gula tebu yang dihasilkan. Pembuatan selai ini menggunakan lima macam perlakuan yaitu A1 (100% Jagung manis dan 0% jagung pulut),A2 (75% jagung manis dan 25% jagung pulut), A3 (50% Jagung manis dan 50% jagung pulut), A4 (25% jagung manis dan 75% jagung pulut), A5(0% jagung manis dan 100% jagung pulut). Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk yang paling disukai pada aspek rasa yaitu perlakukan A4 dengan nilai 3.83, pada aspek tekstur yaitu perlakuan A3 dengan nilai 3.66, pada aspek warna yaitu perlakuan A1 dengan nilai 4.04, pada aspek aroma yaitu perlakuan A4 dengan nilai 3.89.Berdasarkan kriteria kesukaan dapat disimpulkan bahwa semua perlakuan pada setiap aspek termasuk dalam kriteria suka.

References


Badan Pusat Statistik. (2016). Produktifitas jagung di Indonesia. Diakses tanggal 9 mei 2017, pukul 09.30 WITA, https://www.bps.go.id/Subjek/view/id/53

Darmawan Erwin Wulandari. (2013). Kualitas Selai Durian. Universitas Atma Yogyakarta.

Keisia Kasatha. (2017). Pengaruh Konsentrasi Karaginan Terhadap Larakteristik Fisik Kimia Dan Organoleptic Selai Murbey Hitam. Widya Mandala Catholic Universitas Surabaya.

Marajo Redman Kesma. (2016). Pengaruh Pemberian Ekstrak Daun Lamtoro Dan Pupuk Nitrogen Terhadap Pertumbuhan Dan Produksi Tanaman Jagung Manis (Zea Mays L. Saccharata Sturt). Fakultas Pertanian Universitas Lampung Bandar Lampung.

Permatasari Tasiah Galuh. (2012). Proses Produksi Pembuatan Selai Wortel. Program Diploma III Teknologi Hasil Penelitian Fakultas Pertanian Unifersitas Sebelas Maret Surakarta.

Sugiyono. Prof. Dr. (2015). Metodologi Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabeta.

Yasin dan Suarni. (2011). Jagung Sebagai Pakan Fungsional. Volume 6 No 1 Impek tanaman pangan. Maros.




DOI: https://doi.org/10.61141/home.v1i1.62

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
Contact us: HOME : Hospitality and Gastronomy Journal ; Jl. Kapasa Raya No.23, Kelurahan Kapasa, Kecamatan Tamalanrea Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia