Identifikasi Syarat Kualitas, Higienis dan Sanitasi Hidangan yang Mempengaruhi Peningkatan Penjualan pada Restoran Wong Solo di Kota Makassar

Sherry Adelia, Dewi Andriani, St. Hadijah

Abstract


Faktor penting sebagai syarat dalam kualitas hidangan makanan termasuk di dalamnya adalah higienitas dan sanitasi dalam proses pengolahan makanan, penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi syarat kualitas, higienis dan sanitasi hidangan yang dapat mempengaruhi peningkatan penjualan di Restoran Wong Solo Makassar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengambilan data dengan observasi dan wawancara serta studi literasi. Hasil dari penelitian ini adalah restoran Wong Solo meningkatkan penjualannya dengan menjaga kualitas makanan serta melakukan secara rutin serta sesuai standar untuk higienis dan sanitasi hidangan yang disajikan di restoran. Kualitas hidangan dinilai dari tampilan, porsi, tingkat kematangan, rasa dan aroma dari hidangan. Kualitas hidangan di restoran Wong Solo telah sesuai dengan standar yang seharusnya dari sebuah hidangan. Karakteristik bangunan di restoran Wong Solo menjadi faktor yang dapat meningkatkan penjualan restoran Wong Solo, higienis sanitasi pada bangunan mendukung kegiatan proses pengolahan makanan. Penjagaan kualitas makanan dilakukan dengan menjaga higienis dan sanitasi dapur dan proses pengolahan makanan hingga ke tangan pelanggan. Proses penjagaan kualitas makanan dimulai dari pemilihan bahan makanan, penyimpanan bahan makanan dan makanan jadi, proses pengolahan makanan dan penyajian makanan dengan memperhatikan kebersihan dari peralatan yang akan digunakan oleh pelanggan. Faktor faktor ini menunjukkan pengaruh yang mengakibatkan pelanggan di restoran Wong Solo selalu merasa puas dan memberikan peningkatan penjualan pada restoran Wong Solo.

Keywords


Kualitas Makanan; Higienis; Sanitasi; WOng Solo Makassar

References


ABI DZAR AL GHIFARI. (2022). PENGARUH KUALITAS MAKANAN DAN LINGKUNGAN FISIK TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN PADA WARUNG MAKAN WONG SOLO KOTA MAKASSAR.

Andi Nur Efika. (2016). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI KESUKSESAN BISNIS R.M AYAM BAKAR WONG SOLO DI MAKASSAR Skripsi Diajukan untuk Memenuhi Salah Satu Syarat Meraih Gelar.

Budiman Chandra. (2007). Pengantar Kesehatan Lingkungan. EGC. Depkes RI

Jakarta. (2014). Higiene Sanitasi Makanan dan Minuman. In Depkes. Dewi, F.,

Kristian, F., Siaputra, H., Aprilia, A., & Pd, S. (2016). HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN DALAM PERILAKU FOOD HANDLER YANG DILIHAT DARI SANITASI DAN HIGIENE DAN PETRA CODEX 1.0 PADA PENERAPAN SAFE FOOD HANDLING.

Margaretha Fiani S, & Edwin Japarianto. (2012). ANALISA PENGARUH FOOD QUALITY DAN BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ROTI KECIK TOKO ROTI GANEP’S DI KOTA SOLO. Jurnal Manajemen Pemasaran, 1(1), 1–6.




DOI: https://doi.org/10.61141/home.v5i1.438

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
Contact us: HOME : Hospitality and Gastronomy Journal ; Jl. Kapasa Raya No.23, Kelurahan Kapasa, Kecamatan Tamalanrea Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia