TINJAUAN KEBIJAKAN PEMBELIAN BARANG PADA BAGIAN PURCHASING SAAT PANDEMI DI NOVOTEL GRAND SHAYLA MAKASSAR

Dewi Andriani, Rafika Hayati, Syahrul Gunawan

Abstract


Pandemi covid 19 di Indonesia memberikan dampak kepada industri perhotelan yang mengalami penurunan pendapatan, salah satu strategi untuk bertahan selama pandemi dengan melakukan penyesuaian di dalam penggunaan biaya operasional secara harian. Adapun penelitian ini akan menguraikan implementasi kebijakan pembelian barang operasional pada bagian purchasing selama masa pandemi. Penelitian merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik sampling jenuh Adapun hasil penelitian ini menujukan bahwa pembelian oleh purchasing selama pandemi covid 19 di Hotel Novotel Makassar Grand Shayla terjadi banyak penyesuaian yang bertujuan untuk melakukan saving cost. Setiap pembelian yang dilaksanakan selama masa pandemic membutuhkan persetujuan dari general manager. Pembelian barang-barang operasional yang menjadi standar pelayanan dari manajemen pusat Accor dengan merk ALL SAFE tetap dilaksanakan dalam rangka menjaga kualitas produk Novotel Makassar Grand Shayla.


Keywords


Kebijakan; pembelian barang; purchasing section; hotel

References


Aryadi, H., & Wahyuni, W. (2019). Tinjauan Prosedur Pembelian Barang di Bagian Purchasing pada PT. Duraconindo Pratama Jakarta.

Dwi a., E. (2017). Peran Purchasing Section. Journal Article, 1-15.

Fernandes, F., Kang, O., & Noor Ikhsanto, S. (2020). 1-9.

Kholifatun, I., & Nurcahyo, J. (2018). Sistem Kerja Storage Dan Purchasing Department Terhadap Kelangsungan Operasional Di Hotel Jambuluwuk Malioboro Yogyakarta.

Jurnal Khasanah Ilmu, 39-46. Kota, B. (2018). Implementasi Program Keluarga Harapan Dalam Mengatasi Kemiskinan Di Kelurahan Pinokalan Kota Bitung. 1-10.

Mutiarani, R., Zakso, A., & Salim, I. (2019). Implementasi Dan Implikasi Full Day School Pada Pembelajaran Sosiologi Di Sman 10 Pontianak. 8.

Ny, I. (2019). Implementasi biasanya dilakukan setelah perencanaan sudah dianggap fix. Implementasi juga bisa berarti pelaksanaan yang berasal dari kata bahasa Inggris Implement yang berarti melaksanakan. 8. 15-38.

Prakoso, F. A. (2020). Dampak Coronavirus Disease (Covid-19) Terhadap Industri Food & Beverages. Jurnal Manajemen Bisnis, 1-6.

Susepti, A., Hamid, D., & Andriani, K. (2017). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN DAN LOYALITAS TAMU HOTEL (Studi tentang Persepsi Tamu Hotel Mahkota Plengkung Kabupaten Banyuwangi). Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, 27-36.




DOI: https://doi.org/10.61141/home.v4i2.253

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
Contact us: HOME : Hospitality and Gastronomy Journal ; Jl. Kapasa Raya No.23, Kelurahan Kapasa, Kecamatan Tamalanrea Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia