PENERAPAN KONSEP NEW NORMAL TERHADAP SEQUENCE OF SERVICE RESTORAN INFORMAL DI KOTA MAKASSAR (STUDI KASUS 10 KATEGORI RESTORAN INFORMAL)

Nurlela Nurlela, Anggun Sari Sasmita, Rafika Hayati

Abstract


New normal merupakan upaya untuk beradaptasi dalam pola perilaku  baru yang dilaksanakan secara global dengan melaksanakan protokol kesehatan dalam upaya pencegahan virus covid 19. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan konsep new normal terhadap sequence of service yang dilakukan pada 10  restoran kategori informal di kota Makassar. Berdasarkan analisis pada hasil observasi, wawancara dan dokumentasi maka dapat di simpulkan bahwa 10 restoran kategori informal yang ada di kota Makassar antara lain Ombak cafe and Resto, RM Bonelino, Waroeng Steak And Shake, Mie TITI daya, RM Lesehan Pak Dani, D Bridge Coffe, Restoran Sederhana, RM Buguri, Begos, dan Pak Tjomot. Restoran tersebut telah menerapkan konsep new normal pada sequence of service.  Dari 10 restoran kategori informal diatas menerapkan  konsep new normal terhadap sequence of service seperti menggunakan masker, menjaga jarak, menyediakan fasilitas cuci tangan dan hand sanitizer pada saat melakukan pelayanan serta memberikan tanda penyekatan di kursi dan meja agar tetap ada jarak di antara tamu dan karyawan.

New normal merupakan upaya untuk beradaptasi dalam pola perilaku  baru yang dilaksanakan secara global dengan melaksanakan protokol kesehatan dalam upaya pencegahan virus covid 19. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan konsep new normal terhadap sequence of service yang dilakukan pada 10  restoran kategori informal di kota Makassar. Berdasarkan analisis pada hasil observasi, wawancara dan dokumentasi maka dapat disimpulkan bahwa 10 restoran kategori informal yang ada di kota Makassar antara lain Ombak cafe and Resto, RM Bonelino, Waroeng Steak And Shake, Mie TITI daya, RM Lesehan Pak Dani, D Bridge Coffe, Restoran Sederhana, RM Buguri, Begos, dan Pak Tjomot. Restoran tersebut telah menerapkan konsep new normal pada sequence of service.  Dari 10 restoran kategori informal di atas menerapkan  konsep new normal terhadap sequence of service seperti menggunakan masker, menjaga jarak, menyediakan fasilitas cuci tangan dan hand sanitizer pada saat melakukan pelayanan serta memberikan tanda penyekatan di kursi dan meja agar tetap ada jarak di antara tamu dan karyawan.


Keywords


Penerapan; new normal; sequence of service; Restoran Informal

References


Adjis, K. M. (2016). Penerapan 5C dalam Pembiayaan Murabahah di BMT Mitra Reksa Bakti. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. Diunduh dari https://dspace.uii.ac.id/bitstream/handle/123456789/10672/05.2%20bab%202.pdf

Egsaugm. (2021). Pariwisata Indonesia di tengah Pandemi. Egsaugm. Diunduhhttps://egsa.geo.ugm.ac.id/2021/02/11/pariwisata-indonesia-di-tengah-pandemi/

Ezizwita, E., & Sukma, T. (2021). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Bisnis Kuliner Dan Strategi Beradaptasi di Era New Normal. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Dharma Andalas, 23(1), 51–63. https://doi.org/10.47233/jebd.v23i1.169 Diunduh dari https://jurnal.unidha.ac.id/index.php/JEBD/article/view/169

Herdian, L. (2020). Pandemi Covid-19 Rontokkan Industri Kuliner. Pahala Simanjuntak Di unduh darihttps://pontas.id/2020/12/16/pandemi-covid-19-rontokkan-industri-kuliner/

Kementerian pariwisata dan ekonomi kreatif. (2020). Panduan pelaksanaan kebersihan, kesehatan, keselamatan, dan kelestarian lingkungan di hotel.https://pontas.id/2020 Diunduh darihttps://www.kemenparekraf.go.id/asset_admin/assets/uploads/media/pdf/media_1598981537_Handbook_Hotel_FINAL_31072020-EDISI_JULI.pdf

Mahmudi Lembu. (2018). No Title. Pelaksanaan Squence of Service Guna Meningkatkan Kepuasan Tamu Di Benteng Restoran Hotel Santika Premiere Dy Andra Medan Diunduh darihttp://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/12747

Michael Herianto, J. G. (2019). Identifikasi karakteristik pada industri restoran di surabaya. Jurnal Sains Dan Seni Its, 8, 2337–3520 Diunduh darihttps://ejurnal.ubharajaya.ac.id/index.php/JKI/article/view/287

Rizkian darmaista, B. (2017). Penerapan Sequence of Service dalam meminimalisir complain yang terjadi di Kangkung Restoran Pratama Hotel & Convention Diunduh darihttps://dspace.uii.ac.id/bitstream/handle/123456789/30957/17311355%20Syifaul%20Ummah.pdf?sequence=1&isAllowed=y

Sugiyono, P. D. (2019a). METODE PENELITIAN KUANTITATIF, KUALITATIF, DAN R&D (Sutopo (ed.); kedua). ALFABETA.

Sugiyono, P. D. (2019b). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif,dan R&D. In D. I. Sutopo S.pd MT (Ed.), Alfabeta, cv.

Ummah, S. (2021). Pengaruh Kualitas Layanan dan Kualitas Makanan di Masa Pandemi Covid-19 pada Restoran Cepat Saji terhadap Kepuasan Pelanggan dan Niat Perilaku Beli Ulang Burger King di Yogyakarta Diunduh darihttps://dspace.uii.ac.id/bitstream/handle/123456789/30957/17311355%20Syifaul%20Ummah.pdf?sequence=1&isAllowed=y




DOI: https://doi.org/10.61141/home.v4i2.248

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
Contact us: HOME : Hospitality and Gastronomy Journal ; Jl. Kapasa Raya No.23, Kelurahan Kapasa, Kecamatan Tamalanrea Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia