KESADARAN HALAL DAN LABEL HALAL TERHADAP MINAT BELI PRODUK MAKANAN DI RESTORAN JEPANG (STUDI KASUS PADA ENAM RESTORAN JEPANG DI KOTA MAKASSAR)

Novianti Novianti, Dewi Andriani, Riska Veronika

Abstract


Dengan semakin meningkatnya populasi Muslim tiap tahunnya, maka hal
tersebut juga berdampak pada meningkatnya permintaan konsumsi atas produk
makanan halal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana tingkat kesadaran halal dan label halal terhadap minat beli produk makanan di 6 restoran Jepang di Kota Makassar. Penelitian ini dilaksanakan di 6 restoran Jepang di Kota Makassar, yaitu di restoran De’Sushi, Takigawa Not Takikawa, Hanashobu Japanese Noodle Bar Makassar, Marugame Udon Resto Jepang, Sushi Tei Makassar, dan Golden Suki. Variabel yang diteliti yaitu kesadaran halal dan label halal terhadap minat beli. Jenis penelitian ini yaitu deskriptif kuantitatif. Pengambilan sampel pada pada penelitian ini dengan menggunakan teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data kuantitatif menggunakan kuesioner skala likert yang diberikan kepada pengunjung restoran
Jepang. Teknik analisis data menggunakan distribusi tabel frekuensi dengan
menampilkan frekuensi dan presentasi dari hasil responden. Berdasarkan kesimpulan dari hasil penelitian, Kesadaran Halal Dan Label Halal Terhadap Minat Beli Produk Makanan Di Restoran Jepang (Studi Kasus Di 6 Restoran Jepang Di Kota Makassar) secara keseluruhan sudah sangat baik, karena nilai rata-rata keseluruhan yang diberikan oleh responden pada masing-masing pernyataan disetiap indikator kuesioner berada di atas 4,0 dan di bawah 5,0.


Kata kunci : Halal; Minat Beli; Restoran; Makanan; Kuantitatif.


References


Badaruddin, M. N. (2016). PERSEPSI TAMU TERHADAP ETIKET PELAYANAN GUEST SERVICE AGENT

DI NOVOTEL MAKASSAR GRAND SHAYLA CITY CENTRE. MAKASSAR, INDONESIA: POLITEKNIK

BOSOWA.

Gomuslim. (2017, Desember 26). Resto Halal Khas Jepang Ini Resmi Hadir di Makassar. Makassar,

Indonesia.

Retrieved

from

https://m.gomuslim.co.id/read/news/2017/12/26/6519/resto-halal-khas-jepang-ini-resmi-

hadir-di-makassar-html.

Hikmawati, F. (2018). METODOLOGI PENELITIAN. Depok, Indonesia: Rajawali Pers.

Izzuddin, A. (2018). Pengaruh Label Halal, Kesadaran Halal Dan Bahan Makanan Terhadap Minat

Beli Makanan Kuliner. Jurnal Penelitian Ipteks , 100.

Napitasari, A. (2018). ANALISIS MINAT BELI KONSUMEN PADA RESTORAN BERSERTIFIKAT HALAL

MUI DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA TAHUN 2018 (Studi Kasus Konsumen

Waroeng Steak and Shake, Gudeg Yu Djum, Bakso Betesda 74). Fakultas Ekonomi, Universitas

Negeri Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Ekonomi , 7 (Nomor 5).

Nofianti, A. K., & Rofiqoh, S. N. (2019). Kesadaran Dan Logo Halal: Apakah Menentukan Minat

Beli? (Studi Pada Praktisi Bisnis UMKM Di Gresik. Journal of Halal Product and Research , 16-

Pambudi, B. G. (2018). Pengaruh Kesadaran Halal Dan Sertifikasi Halal Terhadap Minat Beli Produk

Mie Instan (Studi pada Pemuda Muslim Bandarlampung). Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu

Politik, Universitas Lampung, Bandarlampung.

Puspita, S. (2019, Juni 11). Festival budaya dan kuliner Jepang. Retrieved from https://amp-

kompas-com.cdn.ampproject.org.

Rahma, F. (2018). Pengaruh Harga, Kualitas Layanan, Dan Store Atmosphere Terhadap Kepuasan

Konsumen Ichi Sushi GKB Gresik. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah

Gresik.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif dan R&D. Alfabeta. Bandung.

Tribun news. (2019, March 1). Mau makan mie ramen? Tak perlu jauh-jauh ke Jepang!. Makassar,

Indonesia.

Retrieved

from

https://makassar.tribunnews.com/amp/2019/03/01/tribunwiki-mau-makan-mie-ramen-tak-

perlu-jauh-jauh-ke-jepang-berikut-ini-5-lokasinya-di-makassar?page=3

Waskito, D. (2015). Pengaruh Sertifikasi Halal, Kesadaran Halal, Dan Bahan Makanan Terhadap

Minat Beli Produk Makanan Halal (Studi Pada Mahasiswa Muslim Di Yogyakarta), Program

Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta.

Windikusuma, D. K. (2015). Pengaruh Kesadaran Halal Terhadap Sikap Dan Implikasinya Terhadap

Minat Beli Ulang. Fakultas Ekonomika Dan Bisnis, Universitas Diponegoro. Semarang.




DOI: https://doi.org/10.61141/home.v3i2.184

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
Contact us: HOME : Hospitality and Gastronomy Journal ; Jl. Kapasa Raya No.23, Kelurahan Kapasa, Kecamatan Tamalanrea Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia