Melihat Lebih Dekat Kepercayaan Konsumen Indonesia: Dampak Inflasi, BI Rate, Nilai Tukar Rupiah, dan IHSC terhadap IKK

Indri Iswardhani, Nur Fadilah Ayu Sandira, A. Reski Almaida Dg Macenning, Nulthazam Sarah, Sri Astuti Nasir

Abstract


 

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh simultan dan parsial dari inflasi, BI Rate, nilai tukar rupiah terhadap dolar AS, dan Indeks Harga Saham Komposit (IHSC) terhadap Indeks Kepercayaan Konsumen (IKK) di Indonesia. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode regresi linier berganda untuk menguji hubungan antar variabel, serta analisis deskriptif untuk memberikan gambaran umum
mengenai karakteristik data yang digunakan. Data sekunder bulanan periode 2015–2024 diperoleh dari Bank Indonesia dan Badan Pusat Statistik. Hasil analisis menunjukkan 62,1% variabilitas dalam IKK dapat dijelaskan oleh keempat variabel independen. Secara simultan, inflasi, BI Rate, nilai tukar rupiah terhadap dolar AS, dan IHSC berpengaruh signifikan terhadap IKK. Secara parsial, inflasi tidak berpengaruh signifikan terhadap IKK. Sedangkan BI Rate, nilai tukar rupiah, dan IHSC berpengaruh signifikan terhadap IKK dengan IHSC menjadi variabel yang memiliki pengaruh paling dominan, mencerminkan hubungan kuat antara pasar saham dengan kepercayaan konsumen. Penelitian ini memberikan pentingnya pentingnya kebijakan moneter dan stabilitas perekonomian, terutama dalam menghadapi dinamika ekonomi makro.


Keywords


Inflasi; IHSC; Indeks Kepercayaan Konsumen

References


Blanchard, O., & Johnson, D. R. (2013). Macroeconomics (6th ed.). Pearson Education.

Cooper, D. R., & Schindler, P. S. (2014). Business research methods (12th ed.). McGraw-Hill.

Field, A. (2013). Discovering statistics using SPSS (4th ed.). Sage.

Gujarati, D. N. (2009). Basic econometrics (5th ed.). McGraw-Hill.

Hair, J. F., Black, W. C., Babin, B. J., & Anderson, R. E. (2010). Multivariate data analysis (7th ed.).

Pearson.

Keynes, J. M. (1936). The general theory of employment, interest, and money. Macmillan.

Krugman, P., & Obstfeld, M. (2018). International economics: Theory and policy (10th ed.). Pearson

Education.

Malkiel, B. G. (2003). A random walk down Wall Street: The time-tested strategy for successful investing

(7th ed.). W.W. Norton & Company.

Mishkin, F. S. (2015). The economics of money, banking, and financial markets (10th ed.). Pearson.

Putri, M. E., & Adi, P. S. (2021). Pengaruh nilai tukar rupiah terhadap dollar AS terhadap Indeks

Kepercayaan Konsumen di Indonesia. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 10(2), 45-60.

Puspaningrum, D. (2020). Pengaruh BI Rate, inflasi, dan nilai tukar terhadap Indeks Kepercayaan

Konsumen di Indonesia. Jurnal Ekonomi Pembangunan, 23(3), 120-135.

Rizki, M. (2021). Dampak pandemi COVID-19 terhadap IKK di Indonesia: Analisis variabel ekonomi

makro. Jurnal Ekonomi dan Perbankan, 14(1), 78-89.

Savitri, A. (2019). Pengaruh BI Rate dan inflasi terhadap Indeks Kepercayaan Konsumen di Indonesia.

Jurnal Ekonomi Makro, 11(1), 78-92.

Wibowo, B. H. (2020). Pengaruh Indeks Harga Saham Gabungan terhadap Indeks Kepercayaan Konsumen.

Jurnal Ekonomi Pembangunan, 22(3), 134-146.

Zikmund, W. G. (2010). Business research methods (8th ed.). South-Western Cengage Learning.




DOI: https://doi.org/10.61141/pabean.v7i1.640

Refbacks

  • There are currently no refbacks.