Pengaruh Electronic Word Of Mouth, Harga Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian The Originote Skincare In Yogyakarta
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui E-WOM, Harga, dan Brand Image baik sebagian maupun bersamaan pada keputusan pembelian Produk Skincare The Originote. Jenis penelitian yang digunakan menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah nonprobability sampling dengan menggunakan metode purposive sampling. Untuk menentukan ukuran sampel menggunakan rumus Lemeshow pada populasi yang tidak diketahui. Berdasarkan hasil analisis, dari mulut ke mulut elektronik, harga, dan citra merek diduga menjadi faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian. Disimpulkan bahwa di bawah elektronik dari mulut ke mulut, harga, dan citra merek sebagian dan bersamaan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian produk perawatan kulit The Originote. Novelty penelitian ini terletak pada ciri khas penelitian ini yang fokus
kepada merek skincare lokal, The Originote, produk baru di pasaran Indonesia serta penggunaan eWOM sebagai sarana utama dalam upaya promosi. Penelitian ini menelusuri bagaimana harga yang terjangkau serta citra merek dapat menarik minat konsumen dari kalangan menengah ke bawah di Yogyakarta. Sebuah hal baru yang perlu diperhatikan adalah persaingan yang semakin sengit di pasar perawatan kulit Indonesia dan bagaimana citra merek dan rekomendasi online berpengaruh secara strategis dalam memengaruhi keputusan pembelian konsumen setempat, terutama di kalangan mahasiswa.
Keywords
Full Text:
Untitled (Bahasa Indonesia)References
Amilia, Suri., Asmara, M. Olan. (2017). Pengaruh Citra Merek, Harga, dan Kualitas Produk terhadap
Keputusan Pembelian Handphone Merek Xiaomi di Kota Langsa, Jurnal Manajemen dan Keuangan,
Vol 6(1) : 660 – 669, Universitas Samudra
Bayu Prawira Ni Nyoman Kerti Yasa. (2013). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek dan Persepsi Harga
terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Produk Smartphone Samsung di Kota Denpasar. Jurnal
Ekonomi dan Bisnis. Ekonomi, F. (2019). Purchase Intention Pada Hotel Bintang Tiga Di Bali. Jurnal
Manajemen Perhotelan.
Jalilvand, Mohammad Reza dan Neda Samiei. (2012). The Effect of Electronic Word of Mouth on Brand
image and Purchase Intention: An empirical study in the automobile industry in Iran. Marketing
Intelligence & Planning. Vol. 30 Iss: 4.
Luthfiyatillah., Millatina, Afifah Nur., Mujahidah, Sitti Hamidah., Herianingrum, Sri. (2020). Efektifitas
Media Instagram Dan E-Wom (Electronic Word Of Mouth) Terhadap Minat Beli Serta Keputusan
Pembelian, Jurnal Penelitian Ipteks, Vol. 5(1):101 - 115
Nurfauzi, Yogi., Taime, Habel., Hanafiah, Hafidz., Yusuf, Muhammad., Asir, Muhammad. (2023).
Literature Review: Analisis Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian, Kualitas Produk dan
Harga Kompetitif, Management Studies and Entrepreneurship Journal, Vol 4(1) 2023 : 183-188
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Penerbit : Alfabeta. Bandung.
DOI: https://doi.org/10.61141/pabean.v7i1.635
Refbacks
- There are currently no refbacks.