Pengaruh Electronic Word Of Mouth, Harga Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian The Originote Skincare In Yogyakarta

R. Suprono Wahyujatmiko, Nunuk Dwi Garwanti, Wakhid Doni

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui E-WOM, Harga, dan Brand Image baik sebagian maupun bersamaan pada keputusan pembelian Produk Skincare The Originote. Jenis penelitian yang digunakan menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah nonprobability sampling dengan menggunakan metode purposive sampling. Untuk menentukan ukuran sampel menggunakan rumus Lemeshow pada populasi yang tidak diketahui. Berdasarkan hasil analisis, dari mulut ke mulut elektronik, harga, dan citra merek diduga menjadi faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian. Disimpulkan bahwa di bawah elektronik dari mulut ke mulut, harga, dan citra merek sebagian dan bersamaan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian produk perawatan kulit The Originote. Novelty penelitian ini terletak pada ciri khas penelitian ini yang fokus
kepada merek skincare lokal, The Originote, produk baru di pasaran Indonesia serta penggunaan eWOM sebagai sarana utama dalam upaya promosi. Penelitian ini menelusuri bagaimana harga yang terjangkau serta citra merek dapat menarik minat konsumen dari kalangan menengah ke bawah di Yogyakarta. Sebuah hal baru yang perlu diperhatikan adalah persaingan yang semakin sengit di pasar perawatan kulit Indonesia dan bagaimana citra merek dan rekomendasi online berpengaruh secara strategis dalam memengaruhi keputusan pembelian konsumen setempat, terutama di kalangan mahasiswa. 


Keywords


eWOM; Harga; Citra Merk

References


Amilia, Suri., Asmara, M. Olan. (2017). Pengaruh Citra Merek, Harga, dan Kualitas Produk terhadap

Keputusan Pembelian Handphone Merek Xiaomi di Kota Langsa, Jurnal Manajemen dan Keuangan,

Vol 6(1) : 660 – 669, Universitas Samudra

Bayu Prawira Ni Nyoman Kerti Yasa. (2013). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek dan Persepsi Harga

terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Produk Smartphone Samsung di Kota Denpasar. Jurnal

Ekonomi dan Bisnis. Ekonomi, F. (2019). Purchase Intention Pada Hotel Bintang Tiga Di Bali. Jurnal

Manajemen Perhotelan.

Jalilvand, Mohammad Reza dan Neda Samiei. (2012). The Effect of Electronic Word of Mouth on Brand

image and Purchase Intention: An empirical study in the automobile industry in Iran. Marketing

Intelligence & Planning. Vol. 30 Iss: 4.

Luthfiyatillah., Millatina, Afifah Nur., Mujahidah, Sitti Hamidah., Herianingrum, Sri. (2020). Efektifitas

Media Instagram Dan E-Wom (Electronic Word Of Mouth) Terhadap Minat Beli Serta Keputusan

Pembelian, Jurnal Penelitian Ipteks, Vol. 5(1):101 - 115

Nurfauzi, Yogi., Taime, Habel., Hanafiah, Hafidz., Yusuf, Muhammad., Asir, Muhammad. (2023).

Literature Review: Analisis Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian, Kualitas Produk dan

Harga Kompetitif, Management Studies and Entrepreneurship Journal, Vol 4(1) 2023 : 183-188

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Penerbit : Alfabeta. Bandung.




DOI: https://doi.org/10.61141/pabean.v7i1.635

Refbacks

  • There are currently no refbacks.