Motivasi Intrinsik dan Pengaruhnya terhadap Prestasi Akademik dalam Mata Kuliah Akuntansi: Studi pada Mahasiswa Perpajakan

imron burhan, Megawati Beddu, Nur Fadny Yuliani, Siswati Rachman, Musfirah Musfirah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh motivasi intrinsik terhadap prestasi akademik mahasiswa pada mata kuliah akuntansi di Program Studi Perpajakan Politeknik Bosowa. Metode yang digunakan adalah analisis regresi linear sederhana dengan menguji validitas dan reliabilitas instrumen, uji asumsi klasik, serta analisis statistik menggunakan nilai t-test dan signifikansi. Data dianalisis untuk memastikan kelayakan model regresi melalui uji normalitas, linearitas, heteroskedastisitas, dan multikolinearitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi intrinsik berpengaruh signifikan terhadap prestasi akademik, dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 (< 0,05) dan t hitung sebesar 4,932 (> t tabel 1,746). Persamaan regresi Y = 35,161 + 0,931X menunjukkan bahwa setiap peningkatan satu unit motivasi intrinsik memberikan kontribusi sebesar 0,931 terhadap prestasi akademik. Temuan ini mengindikasikan pentingnya peran motivasi intrinsik dalam mendukung keberhasilan belajar mahasiswa. Implikasi teoritis dari penelitian ini menunjukkan bahwa motivasi intrinsik harus menjadi bagian penting dalam desain pembelajaran untuk meningkatkan prestasi mahasiswa. Dosen diharapkan mengembangkan pendekatan pengajaran yang mendorong motivasi belajar secara aktif. Kebaruan penelitian ini terletak pada fokusnya yang spesifik terhadap motivasi intrinsik sebagai faktor determinan dalam prestasi akademik mahasiswa pada konteks mata kuliah akuntansi.


Keywords


Motivasi Intrinsik; Prestasi Akademik

References


Cahya, M. S., & Listiadi, A. (2021). Peran Motivasi Belajar Dalam Memoderasi Hasil Belajar Pengantar Akuntansi Dan Matematika Ekonomi Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 19(1), 35–48. https://doi.org/10.21831/jpai.v19i1.39613

Giyanto, Y. A., & Efferin, S. (2019). Analisis Peran Motivasi Intrinsik Dalam Proses Penuntasan Skripsi Mahasiswa Jurusan Akuntansi Fakultas Bisnis Dan Ekonomika …. Calyptra, 7(2), 239–252. https://journal.ubaya.ac.id/index.php/jimus/article/view/3160%0Ahttps://journal.ubaya.ac.id/index.php/jimus/article/download/3160/2317

Hariyani, R., & Sofiani, F. (2020). Implementation of Taxonomy Bloom Understanding Taxation Documents on Learning Outcomes Moderated Learning. Sekretari & Administrai (Serasi), 18(2).

Jamil, H., & Azra, F. I. (2015). Pengaruh Lingkungan Keluarga Dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Akuntansi Siswa Kelas X Smk Negeri 1 Solok Selatan. Economica, 2(2), 85–98. https://doi.org/10.22202/economica.2014.v2.i2.221

Kesumawati, N., & Aridanu, I. (2017). Statistik Parametrik Penelitian Pendidikan. Noer Fikri.

Leunupun, E. G., Limba, F. B., & Sapulette, S. G. (2021). Pengaruh Motivasi Belajar dan Psychological Well-Being terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi Mahasiswa FEB UNPATTI. Kupna Akuntansi: Kumpulan Artikel Akuntansi, 1(2), 81–96. https://doi.org/10.30598/kupna.v1.i2.p81-96

Mariahyati, I. (2013). Pengaruh Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pendidikan Akuntansi Angkatan2009 Mata Kuliah Akuntansi Perpajakan di Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya. Jurnal Pendidikan Akutansi (JPAK), 1(3), 1–20.

Matapere, N. M., & Nugroho, P. I. (2020). Pengaruh Hasil Belajar Pengantar Akuntansi Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi Mahasiswa Prodi Akuntansi UKSW Dengan Motivasi Belajar Sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, Dan Akuntansi), 4(1), 257–270.

Musfirah, Azis, E., Amriadi, Yuliani, N. F., Rachman, S., Fadjriyah, S., Arifin, R., & Burhan, I. (2023). Dasar Metodologi Penelitian. In Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952. (Pertama, Issue Mi). PT Insan Cendekia Mandiri Group.

Musfirah, Burhan, I., Afifah, N., & Sari, S. N. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif (L. P. Syalina (ed.); Pertama). PT Insan Cendekia Mandiri Group.

Soraya, S., Suherma, L., & Zawitri, S. (2020). Pemanfaatan E-Learning berbasis Moodle dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar. Eksos, 16(1), 72–83. https://doi.org/10.31573/eksos.v16i1.89

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. In Alfabeta Bandung (Cetaka 19). ALFABETA.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). In Alfabeta.

Sujarwenti, V. . W. (2014). SPSS Untuk Penelitian. Pustaka Baru Press.




DOI: https://doi.org/10.61141/pabean.v7i1.609

Refbacks

  • There are currently no refbacks.