PERANCANGAN SISTEM PENENTUAN RUTE DAN OPTIMASI BIAYA PENDISTRIBUSIAN BARANG DENGAN METODE SAVING MATRIX DAN NEAREST INSERTION BERBASIS VBA EXCEL

NUNING MUHAYYAROH, BUDI NUR SISWANTO, NURLAELA KUMALA DEWI

Abstract


ABSTRAK

Penelitian bertujuan untuk mengetahui perancangan aplikasi untuk mempermudah penentuan rute tercepat dengan biaya pendistribusian yang optimal. Capacitated Vehicle Routing Problem (CVRP) merupakan permasalahan pendistribusian barang yang digunakan dalam penentuan rute terpendek dengan mempertimbangkan kapasitas kendaraan yang digunakan dan biaya pendistribusian yang harus dikeluarkan. Dalam pemecahan permasalahan tersebut, terdapat beberapa solusi dengan metode transportasi yaitu menyelesaikan dengan metode Saving Matrix dan Nearest Insertion. Pendistribusian barang merupakan salah satu proses dalam supply chain management. Dalam melakukan pendistribusian biasanya terdapat beberapa permasalahan seperti penentuan rute yang tidak tepat, kemacetan, kapasitas kendaraan, dan biaya operasional kendaraan yang tidak optimal yang dikenal dengan Capacitated Vehicle Routing Problem (CVRP). Jika dalam suatu perusahaan memerlukan pengambilan keputusan yang cepat dan tepat, maka perusahaan tersebut akan kesulitan karena harus memperhitungkan metode tersebut secara manual dengan tidak menggunakan sistem yang sudah otomatis dan hanya melakukannya dengan manual (perhitungan oleh manusia) maka akan rawan terjadinya human error sehingga akan mempengaruhi hasil yang ada dan akan mengakibatkan kesalahan dalam mengambil keputusan untuk perusahaan. Hasil dari penelitian ini adalah suatu perancangan sistem aplikasi yang dapat mempermudah pengguna untuk menentukan rute pendistribusian barang dengan optimal dan dapat menghitung akumulasi jarak tempuh, waktu tempuh, dan biaya operasional yang harus dikeluarkan oleh perusahaan untuk melakukan proses pendistribusian barang. Perancangan sistem aplikasi pada penelitian ini menggunakan Metode Saving Matrix dan Metode Nearest Insertion dengan berbasis Visual Basic for Application. Penelitian ini dapat melakukan perhitungan dan pengolahan data lebih cepat dan lebih akurat dengan menggunakan aplikasi.

 

Keywords


Capacitated Vehicle Routing Problem; Nearest Insertion; Saving Matrix; Visual Basic for Application

References


Bassil, Y. (2012). A simulation model for the waterfall software development life cycle. ArXiv Preprint ArXiv:1205.6904.

Cahyaningsih, W. K., Sari, E. R., & Hernawati, K. (2015). Penyelesaian Capacitated Vehicle Routing Problem (Cvrp) Menggunakan Algoritma Sweep Untuk Optimasi Rute Distribusi Surat Kabar Kedaulatan Rakyat. Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika UNY, 1–8.

Chopra, S., & Sodhi, M. S. (2014). Reducing the risk of supply chain disruptions. MIT Sloan Management Review.

Ikfaln, N., & Malsudin, I. (2014). Salving maltrix untuk menentukaln rute distribusi. Jurnall Ilmialh Teknik Industri, 2(1), 14–17.

Lin, J. H., & Chou, T. C. (2012). Al geo-alwalre alnd VRP-balsed public bicycle redistribution system. Internaltionall Journall of Vehiculalr Technology, 2012. https://doi.org/10.1155/2012/963427

Suparmi, S., Suyitno, H., & Rosyida, I. (2020). Pengoptimalan Rute Distribusi Produk Tisu Di CV Maple Semarang Dengan Menggunakan Metode Saving Matrix Dan Nearest Insertion. Unnes Journal of Mathematics, 9(2), 49–57.




DOI: https://doi.org/10.61141/pabean.v5i2.423

Refbacks

  • There are currently no refbacks.