PERBANDINGAN KINERJA KEUANGAN SEBELUM DAN SETELAH AKUISISI PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI BEI PERIODE 2017

Teti Teti Teti, Agung Widhi Kurniawan, Nurman Nurman Nurman

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan yang signifikan pada kinerja keuangan perusahaan sebelum dan setelah akuisisi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Sampel dalam penelitian ini diperoleh dengan menggunakan teknik purposive sampling sehingga diperoleh dua perusahaan yang melakukan akuisisi pada tahun 2017. Analisis data dalam penelitian ini terbagi menjadi tiga yaitu uji statistik deskriptif, uji normalitas menggunakan kolmogorov-smirnov dan uji hipotesis yang terdiri dari uji paired sample t-test dan wilcoxon signed rank test. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Current Ratio dan Debt To Equity Ratio tidak mengalami perbedaan yang signifikan setelah melakukan akuisisi. Sedangkan Total Asset Turnover, Return On Asset, Return On Equity dan Earning Per Share menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan setelah melakukan akuisisi akan tetapi perbedaan tersebut tidak mengarah pada perubahan yang lebih baik setelah akuisisi

Keywords


Akuisisi, Kinerja Keuangan, Rasio Keuangan

References


Darmawan. (2020). Dasar-dasar Memahami Rasio & Laporan Keuangan. Yogyakarta: UNY Press.

Handini, S. (2020). Buku Ajar: Manajemen Keuangan. Surabaya: Scopindo Media Pustaka.

Ikatan Akuntansi Indonesia. (2019). PSAK 22 Akuntansi Penggabungan Usaha. (Online). Februari 15, 2022. http://www.iaiglobal.or.id/

Johan, S. (2018). Merger, Akuisisi dan Restrukturisasi. Bogor: IPB Press.

Kasmir. (2015). Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: Rajawali Pers.

Kurniawan, A. W., & Puspitaningtyas, Z. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Pandiva Buku.

Omotayo, E. O. (2019). The Effect of Merger and Acquisition and Corporate Performance of the Nigerian Banking Industry. Global Scientific Journals, 7(11), 695708.

Pramesti, H. A. W., & Ismunawan. (2021). Dampak Merger dan Akuisisi Terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan (Studi Kasus Perusahaan Sektor Perbankan yang Terdaftar Di BEI Periode 2017-2019). Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi Bisnis Digital, Ekonomi Kreatif, Dan Entrepreneur, 2(1), 6780.

Prihadi, T. (2019). Analisis Laporan Keuangan Konsep & Aplikasi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Sobirin, A. (2001). Merger dan Akuisisi: Sebuah Perkawinan Paradoksal. Jurnal Siasat Bisnis, 1(6), 3959.

Tarigan, J., Yenewan, S., & Natalia, G. (2016). Merger dan Akuisisi: dari perspektif strategis dan kondisi Indonesia (Pendekatan Konsep dan Studi Kasus). Yogyakarta: Ekuilibria.

https://kppu.go.id/




DOI: https://doi.org/10.61141/pabean.v5i1.355

Refbacks

  • There are currently no refbacks.