ANALISIS PERBANDINGAN HARGA POKOK PRODUKSI PADA PABRIK TAHU CV USAHA BERKAH SEBELUM DAN PADA SAAT PANDEMI COVID 19 MENGGUNAKAN METODE FULL COSTING

Maulida Hirdianti Bandi, Karolina Karolina Karolina, Yoosita Aulia Aulia, Putri Handayani

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui perhitungan harga pokok produksi menggunakan metode full costing pada UMKM CV USAHA BERKAH, serta menghitung harga jual tahu per potong pada tahun 2019 dan 2020. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kuantitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data sekunder yang diperoleh langsung dari pihak CV Usaha Berkah seperti data catatan keuangan berupa biaya operasional pada tahun 2019-2020. Perbandingan harga pokok produksi yang penulis lakukan pada tahun 2019 dan 2020 mengalami penurunan pada biaya bahan baku, biaya tenaga kerja langsung, dan biaya overhead pabrik. CV Usaha Berkah tidak mempertimbangkan biaya listrik sebagai biaya yang masuk dalam menentukan biaya produksi. Harga Pokok Produksi yang dihitung pada tahun 2020 mengalami kenaikan namun dalam jumlah produksi mengalami penurunan sehingga biaya produksi membebani satu potong tahu juga semakin besar. Hal ini disebabkan karena adanya covid 19 dan untuk harga jual yang penulis hitung dengan yang perusahaan tetapkan berbeda, untuk harga jual yang penulis lakukan yaitu pada tahun 2019 Rp 493/ potong dan untuk tahun 2020 Rp 597/potong, sedangkan yang pabrik tahu CV Usaha Berkah tetapkan pada tahun 2019 yaitu Rp 400 dan pada tahun 2020 sebesar Rp 500.


Keywords


Harga Pokok Produksi, Full Costing, Harga Jual

References


Afrianita, R. (2021). INTELLECTUAL CAPITAL SEBAGAI DETERMINAN DALAM MENSTIMULUS BUSINESS PERFORMANCE (STUDI KASUS PADA PT. MAKASSAR MEGA PUTRA PRIMA). JURNAL PABEAN: PERPAJAKAN BISNIS EKONOMI AKUNTANSI MANAJEMEN, 3(1), 11-22.

Aulia, Y. (2021). Pengaruh restitusi pajak pertambahan nilai dan jumlah pengusaha kena pajak terhadap penerimaan pajak pertambahan nilai dengan sosialisasi perpajakan sebagai variabel moderasi (studi pada KPP Mulyorejo Surabaya). JURNAL PABEAN (PERPAJAKAN BISNIS EKONOMI AKUNTANSI MANAJEMEN), 3(1), 1-10.

Batubara, H. (2013). Penentuan harga pokok produksi berdasarkan metode full costing pada pembuatan etalase kaca dan alumunium di UD. Istana Alumunium Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 1(3).

Cahyani, G. F. N. (2015). Analisis Perhitungan Harga Pokok Produksi Pada Pabrik Tahu “Sari Langgeng” Kutoarjo Dengan Metode Full Costing. Universitas PGRI Yogyakarta.

Fitri, S. H. (2019). Perhitungan Harga Pokok Produksi Dengan Menggunakan Metode Harga Pokok Pesanan Pada Meubel "Sekawan" Barabai. Perpustakaan.akuntansipoliban, 1-98.

Febrianty, L., & Muchlis, S. (2020). Analisis Perbandingan Metode Full Costing dan Variabel Costing Dalam Penetapan Harga Pokok Produksi (Studi Pada Perusahaan Daerah Air Minum Tirta Je’neberang Kabupaten Gowa). ISAFIR: Islamic Accounting and Finance Review, 1(1), 71-83.

Komara, B., & Sudarma, A. (2016). Analisis penentuan harga pokok produksi dengan metode full costing sebagai dasar penetapan harga jual pada cv salwa meubel. Jurnal Ilmiah Ilmu Ekonomi (Jurnal Akuntansi, Pajak dan Manajemen), 5(9), 18-29.

Kristian, J. F. (2019). Perhitungan Harga Pokok Produksi Dengan Menggunakan Metode Full Costing Guna Penentuan Harga Jual Produk Aquarium (Pada UKM Arief Aquarium) Di Sidoarjo (Doctoral dissertation, Universitas Darma Cendika Fakultas Ekonomi).

Mekari.Com. (2021, November 22). Diambil kembali dari httpa://mekari.com/blog/biaya-produksi- bahan baku-tenaga-kerja-overhead/

Mulyadi. (2016). Akuntansi Biaya. Yogyakarta: UPP STIM YKPN

NISP, R. O. (2021, Juli 21). Diambil kembali dari OCBC NISP: https://www.ocbcnisp.com/id/article/2021/pengertian-biaya

Pangestu, W., Moniaga, V. R., Katiandagho, T. M., & Benu, O. L. (2015, May). Analisis Kinerja Keuangan Usaha Tahu–Tempe “Wenwin” Di Desa Sea Kecamatan Pineleng Kabupaten Minahasa. In COCOS (Vol. 6, No. 9).

Rini, Y. S., Kurniawan, A., & Paramitha, D. A. (2021, September). Analisis Perhitungan Harga Pokok Produksi Pada Masa Pandemi Covid19 Pada Mawaddah Bakery Nganjuk. In Seminar Nasional Manajemen, Ekonomi dan Akuntansi (Vol. 6, No. 1, pp. 970-977).

Slat, A. H. (2013). Analisis harga pokok produk dengan metode full costing dan penentuan harga jual. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 1(3).




DOI: https://doi.org/10.61141/pabean.v5i1.351

Refbacks

  • There are currently no refbacks.