PENGARUH PROFITABILITAS DAN LIKUIDITAS TERHADAP EARNING RESPONSE COEFFICIENT YANG DIMODERASI OLEH ACCRUALS ERANING MANAGEMENT: STUDI EMPIRIS PERUSAHAAN DI BURSA EFEK INDONESIA

Aminullah Assegaf, Alvi Mulyanintiyas, Yoosita Aulia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan phenomena in indonesia stock exchange  yang paling aktif sahamnya ditransaksikan. Motivasi penelitian ini adalah untuk menganalisis respon investor dalam mengambil keputusan setelah manajemen mempublikasikan laporan keuangan perusahaan. Penelitian ini memilih 20 perusahaan dengan metode purposive sampling berdasarkan data panel yaitu data time series tahunan dan cross sectioan perusahaan yang terpilih sebagai sampel. Untuk menguji hipotesis penelitian, maka  digunakan model regresi linear dan  non linear, sedangkan vraiebl penelitian terdiri dari dua variabel independen, satu variabel moderator dan dua variabel control. Temuan pada penelitian ini, yaitu variabel profitabilitas berpengaruh negative dan signifikan terhadap earning response coefficient, terutama karena setelah lima hari sejak laporan keuangan dipublikasi, pihak investor atau speculator melepaskan sahamnya terutama terhadap saham yang mengalami kejenuhan pertumbuhan harganya sehingga harga cenderung menurun pada hari ke lima dan seterusnya. Liqudity berpengaruh positif dan signifikan terhadap earning response coefficient, karena perusahaan meningkatkan kemampuannya dalam memenuhi kewajiban keuangan dan semakin dipercaya oleh bank dan pihak ketiga, sehingga direspon positif oleh investor di pasar modal.


Keywords


Financial Management, Earning Management, and Strategic Management.

References


Collins, D.W., Kothari, S. P. 1989. An Analysis Of Intertemporal And Cross-Sectional Determinants Of Earnings Response Coefficients. Journal Of Accounting And Economics, North-Holland, 11 (1989), 143-181.

Dechow, P.M., Sloan, R.G., Sweeney, A.P. 1995. Detecting Earnings Management. The Accounting Review, 70 (2), 193-225.

Diantimala, Y. 2008. Pengaruh Akuntansi Konservatif, Ukuran Perusahaan, Dan Default Risk Terhadap Koefisien Respon Laba (Erc). Jurnal Telaah & Riset Akuntansi, 1 (1), 102-122.

Jensen, M.C., Meckling, W.H. 1976. Theory Of The Firm: Man Age Rial Behavi Or, Agency Costs And Ownership Structure. Journal Of Financial Economics, 3(4), 305-360

Moradi, M., Salehi, M., Erfanian,Z. 2010. A Study of the Effect of Financial Leverage on Earnings Response Coefficient through out Income Approach: Iranian Evidence. International Review of Accounting Banking and Finance, 2 (2), 103-115.

Murwaningsari, E. 2008. Pengujian Simultan : Beberapa Faktor Yang Mempengaruhi Earning Response Coefficient (Erc). Simposium Nasional Akuntansi (Sna) Ke Xi Pontianak, 23 - 24 Juli 2008, 1-26.

Naimah,A., Utama,S. 2006. Pengaruh Ukuran Perusahaan, Pertumbuhan, Dan Profitabilitas Perusahaan Terhadap Koefisien Respon Laba Dan Koefisien Respon Nilai Buku Ekuitas: Studi Pada Perusahaan Manufaktur Di Bursa Efek Jakarta. Simposium Nasional Akuntansi 9 Padang, 1-26.

Nofianti, N. 2014. Pengaruh Struktur Modal, Ukuran Perusahaan, Dan Kebijakan Dividen Terhadap Koefisien Respon Laba. Jurnal Etikonomi, 13 (2), 118-147.

Palea, V. 2014. Fair value accounting and its usefulness to financial statement users. Journal of Financial Reporting and Accounting, 12 (2), 102 – 116.

Paramita, R.W. D. 2012. Pengaruh Firm Size Terhadap Earnings Response Coeffisient (Erc) Dengan Voluntary Disclousure Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar In indonesia stock exchange). Jurnal WIGA, 2 (1), 64-78.

Pearson, K.F.R.S. 1904. Report On Certain Enteric Fever Inoculation Statistics. Applied Mathematics, University College, London, 1242-1247.

Ridwan, M. Gunardi, A. 2013. Peran Mekanisme Corporate Governance sebagai Pemoderasi Praktik Earning Management terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Trikonomika, 12 (1), 49-60.

Roychowdhury, S. 2006. Earnings management through real activities manipulation Journal of Accounting and Economics, 42 (2006), 335–370.

Santoso, G. 2015. Determinan Koefisien Respon Laba. Parsimonia Program Studi Ilmu Akuntansi Universitas Ma Chung, Malang, 2 (2), 69-85.

Scott. W. R. 2014. Financial Accounting Theory. Prentice Hall of Canada Ltd, 7th Edition. ISBN 0132984660, 9780132984669.

Tenaya, A.I. 2011. Decision Usefulness: Trade-Off Antara Reliability Dan Relevance. Jurnal ilmiah manajemen , Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Udayana, 1-20.

Wang, D.H.M, Chen, P. H.,Yu, T.H.K. 2015. The effects of corporate social responsibility on brand equity and firm performance. Journal of Business Research xxx–xxx, 1-5.

Wijayanti, N. R., Supatmi. 2008. Pengaruh Rasio Pembayaran Dividen Dan Pengeluaran Modal Terhadap Earnings Response Coefficients (Erc) Dengan Arus Kas Bebas Sebagai Variabel Pemoderasi. Jurnal Bisnis dan Ekonomi (JBE), 15 (1), 1 – 14.

Wong, T. J. 1993. Perceived Auditor Quality And The Earnings Response Coefficient. The Accounting Review, 68 (2), 346-366.

Yushita, A. N., Rahmawati., Triatmoko, H. 2013. Pengaruh Mekanisme Corporate Governance,

Kualitas Auditor Eksternal, Dan Likuiditas Terhadap Kualitas Laba. Jurnal Economia, 9 (2), 141-155.




DOI: https://doi.org/10.61141/pabean.v4i1.228

Refbacks

  • There are currently no refbacks.