PENGARUH TANGIBLE, EMPATHY DAN RELIABILITY TERHADAP KEPUASAN WAJIB PAJAK (STUDI KASUS PADA KANTOR SISTEM ADMINISTRASI MANUNGGAL SATU ATAP KOTA MAKASSAR
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Tangible, Empathy dan Reliability terhadap kepuasan wajib pajak di Samsat Kota Makassar. Desain penelitian ini berupa desain penelitian kuantitatif. Analisis regresi linear berganda dilakukan untuk menguji hipotesis menggunakan pendekatan Korelasi Product Moment yang dalam perhitungannya menggunakan bantuan program aplikasi komputer SPSS 22.00 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel tangible berpengaruh signifikan terhadap variabel kepuasan wajib pajak, variabel empathy berpengaruh secara signifikan terhadap variabel kepuasan wajib pajak dan variabel reliability berpengaruh secara signifikan terhadap variabel kepuasan wajib pajak. Uji simultan menghasilkan bahwa variabel tangible, empathy dan reliability berpengaruh secara bersama terhadap variabel kepuasan wajib pajak Samsat Kota Makassar.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2009 tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah. (2009).
B. A., P. (2000). Kepuasan dan Loyalitas: Perspektif Kualitas Layanan. Jakarta: Komuika Jaya Pratama.
Basir. (2018). Kualitas Pelayanan Pajak Kendaraan Bermotor Di Kantor Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) Wilayah Gowa.
Hadiana. (2015). Pengaruh Tangible dan Reliability terhadap Kepuasan Konsumen yang Menggunakan Bus Trans Metro Bandung pada Dinas Perhubungan Kota Bandung.
Jayanti. (2016). Kualitas Pelayanan (Reliability, Responsiveness , Assurance , Empathy , T Angibles ) Di Legend Premium Coffee Yogyakarta.
Kurniati. (2018). Pengaruh Reliability Dan Tangible Terhadap Kepuasan Pengguna Jasa Kapal Di Pelabuhan Tanjung Mas Semarang.
Parasuraman, & A, V. (2001). (Diterjemahkan oleh Sutanto) Delivering Quality Service. New York: The Free Press.
Peraturan Daerah Sulawesi Selatan Nomor 10 Tahun 2010 Tentang Pajak Daerah. (n.d.).
Pratiwi, A. A. (2017). Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan wajib pajak dalam pembayaran pajak kendaraan bermotor (studi pada Samsat Kota Makassar). Skripsi tanpa Bab Pembahasan.
Rahayu, & Suhayati. (2010). Perpajakan Teori dan Tekhnis Perhitungan. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Ratnah, & Muljadi. (2018). Pengaruh Tangible Dan Responsiveness Terhadap Kepuasan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor Pada Layanan Samsat Keliling Balaraja Kabupaten Tangerang Banten. Jurnal Jpsb, 1.
Sabran. (2010). Pemasaran Bank. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Sekaran, Uma, & Bougie, R. (2013). Research Methods For Business: A Skill Building Approach Sixth Edition. Southern Illinois University at Carbondale: Hohn Wiley & Sons, Inc.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. BANDUNG: ALFABETA.
DOI: https://doi.org/10.61141/pabean.v3i2.168
Refbacks
- There are currently no refbacks.