PENGARUH PENGETAHUAN DAN KESADARAN WAJIB PAJAK TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI PADA KPP PRATAMA MAKASSAR UTARA

Dian Ayu, Mahardian Hersanti Paramita, Ilham Ilham

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pengetahuan wajib pajak terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi pada KPP Pratama Makassar Utara, untuk mengetahui pengaruh kesadaran wajib pajak orang pribadi pada KPP Pratama Makassar Utara, dan untuk mengetahui pengaruh pengetahuan dan kesadaran wajib pajak terhadap kepatuha wajib pajak orang pribadi pada KPP Pratama Makassar Utara. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Penelitian ini menggunakan data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan menggunakan skala likert 1 sampai 5, jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 responden wajib pajak orang pribadi  yang terdaftar di KPP Pratama Makassar Utara. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian Uji (t) menunjukkan bahwa variabel pengetahuan wajib pajak berpengaruh positif terhadap variabel kepatuhan wajib pajak orang pribadi pada KPP Pratama Makassar Utara dan kesadaran wajib pajak berpengaruh positif terhadap variabel kepatuhan wajib pajak orang pribadi pada KPP Pratama Makassar Utara. Sedangkan hasil Uji (F) menunjukkan bahwa semua variabel dependen (pengetahuan dan kesadaran) berpengaruh terhadap variabel independen (kepatuhan). Semakin tinggi pengetahuan dan kesadaran wajib pajak, maka tingkat kepatuhan wajib pajak pada KPP Pratama Makassar Utara akan semakin meningkat.


Keywords


Pengetahuan Wajib Pajak, Kesadaran Wajib pajak, Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi

References


Agung, M. (2011). Perpajakan Indonesia Seri PPN dan PPnBM. Jakarta: Wacana Media.

Amiruddin. (2012). Perpajakan Pendekatan Teori dan Praktek. Malang: Empatdua Media.

Anwar, C. (2014). Pengantar Perpajakan Teori dan Hukum Pajak. Jakarta: Mitra Wacana Media.

California, V. (2009). Pengetahuan Pajak. Jakarta: Salemba Empat.

D. (2016). Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi. Skripsi.

Direktorat Jederal Pajak. (2000). KMK No. 544/KMK.04/2000 Tentang Kriteria Wajib Pajak yang Dapat Diberikan Kelebihan Pengembalian Pembayaran Pajak. Jakarta: Kementerian Keuangan.

Direktorat Jendral Pajak. (2009). Undang-Undang no.16 Tahun 2009 Tentang Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan. Indonesia: Kementerian Indonesia.

Edo, M. (2011). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepatuhan Wajib Pajak di Lingkungan KPP Pratama Padang. Skripsi.

Hamzah, M. F. (2018). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kepatuhan Wajib Pajak. Jurnal of Institution and Sharia Finance , 17.

Hasanah, N. U. (2017). Pengaruh Pengetahuan Wajib Pajak, Kesadaran Wajib Pajak, dan Kualitas Pelayanan Fiskus Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi. Skripsi.

Judisseno. (2004). Perpajakan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Kurnia, S. (2010). Perpajakan Indonesia : Konsep dan Aspek Formal. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Nugroho, A. (2016). Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak dan Pengetahuan Wajib Pajak dan Pengetahuan Perpajakan Wajib Pajak terhadap Kepatuhan Wajib Pajak dalam Membayar Pajak Penghasilan. Journa of Accounting, 2.

Nugroho, A., & Andini, R. (2016). Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak dan Pengetahuan Perpajakan Wajib Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Dalam Membayar Pajak Penghasilan . Jurnal Of Accounting, 2.

Prasetyo. (2014). Konsep dan Analisis Rasio Pajak. Jakarta: Elex Media Kamputindo.

Salamun, M. (1991). Pajak, Citra dan Upaya Pembaruannya. Jakarta: Bina Rena Pariwara.

Siahaan, M. P. (2004). Utang Pajak, Pemenuhan Kewajiban, dan Penagihan Pajak dengan Surat Paksa. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian dan Pengembangan. Bandung: Alfabeta.

Wardani, D. K., & Wati, E. (2018). Pengaruh Sosialisasi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Dengan Pengetahuan Perpajakan Sebagai Variabel Intervening. Skripsi.

Zain, M. (2008). Manejemen Perpajakan. Jakarta: Salemba Empat.




DOI: https://doi.org/10.61141/pabean.v3i2.163

Refbacks

  • There are currently no refbacks.