RANCANG BANGUN PROTOTYPE SISTEM PINTU OTOMATIS BERBASIS ATMEGA 328P

Syahrul Mustafa, Muhammad Khaidir, Muhammad Ikhsan, Muh Ikram Kido, Muhammad Fachrul

Sari


Pada penelitian ini bertujuan untuk merancang prototype system buka dan tutup pintu secara otomatis. Berdasarkan kasus pencurian yang ada, 60 % kasus pencurian dalam rumah karena pelaku merusak system pnguncian yang ada dalam rumah. dan yang mengejutkan 30% kasus pencurian diakibatkan karena pemiliki rumah lupa menngunci pintu sebelum keluar rumah. maka dari itu dengan memanfaatkan teknologi yang ada. Sistem penguncian rumah otomatis akan memberikan efek keamanan bagi pemilik rumah untuk bisa tetap waspada dalam beberapa kasus pencurian. Dalam penelitian ini, system penguncian rumah yang dirancang menggunakan sensor PIR yang akan mengirimkan signal ke mikrokontroller. Sehingga, actuator akan menggerakkan pintu dengan menutup dengan sndirinya. Dari hasil rancangan diperoleh system dapat mendeteksi suatu gerak dan proses perancangan dan pemrograman kami telah menentukan waktu dengan 5 detik dan jarak 1,5 Meter pada sensor PIR. Pembuatan pintu otomatis menggunakan sensor gerak lebih mudah di gunakan dan sensor PIR memiliki sensitivitas tinggi dalam membaca objek dan menggerakkan pintu melalui motor servo.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Novianti, T. (2019). Rancang bangun pintu otomatis dengan menggunakan RFID. Jurnal Teknik Elektro Dan Komputer Triac, 6(1), 8-13.

A. Chianis, "8 Surprising Home Burglary Statistics: safewise," 20 May 2014. [Online]. Available: http://www.safewise.com/blog/8-surprising-home-burglary-statistics/. [Accessed 29 October 2014].

Haryanto, D., & Nugroho, B. (2019). Sistem Kunci Pintu Rumah Berbasis Arduino Uno Dengan Irama Ketukan. Jurnal Manajemen dan Teknik Informatika (JUMANTAKA), 3(1).

Tama, R. M. E., Hermawan, H., & Pratiwi, H. I. (2019). Rancang Bangun Sistem Kunci Pintu Digital Berbasis Arduino Mega 2560. Widyakala Journal: Journal of Pembangunan Jaya University, 5(2), 137-145.

Sofyan, A. A., Puspitorini, P., & Baehaki, D. (2017). Sistem Keamanan Pengendali Pintu Otomatis Berbasis Radio Frequency Identification (RFID) Dengan Arduino Uno R3. Jurnal Sisfotek Global, 7(1).


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


.Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.