RANCANG BANGUN MIXER UNTUK ADONAN ROTI

Fadli Purnama Adji, Muh. Nur Hadit, Ulia Ridhani, Muhammad Ikhsan

Sari


Abstrak

Mixer adonan roti adalah perangkat mekanik yang digunakan dalam industri roti untuk mencapur bahan-bahan adonan roti, seprti tepung terigu, telur, susu, ragi, gula, mentega dan garam secara merata. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan merakit serta menguji pengaruh kecepatan dan waktu pengadukan terhadap tingkat kalis adonan roti jenis roti manis dalam rancang bangun mesin mixer dengan inovasi timer. Pendekatan eksperimental digunakan untuk merancang mesin mixer dengan kemampuan mengatur kecepatan putaran dan durasi pengadukan dengan beberapa level kecepatan dan durasi pengadukan untuk pengujian adonan roti, dan karakteriktik adonan seperti elastisitas, tekstur, dan kelembutan melalui pengamatan dari hasil pengadukan. Alur penelitian ini dimulai dari studi literatur, perancangan, persiapan, perakitan alat, pengujian, dan analisis hasil pengujian. Hasil analisis menunjukan bahwa kecepatan dan waktu pengadukan berpengaruh terhadap tingkat kalis adonan. Dimana dengan kecepatan 300 rpm menghasilkan adonan kalis dengan waktu 19 menit, kemudian dengan kecepatan 360 rpm membutuhkan waktu 17 menit, selanjutnya dengan kecepatan 450 rpm menghasilkan adonan kalis dengan waktu 15 menit. Dari ketiga variasi kecepatan putar tersebut (300 rpm, 360 rpm, dan 450 rpm) ditemukan kecepatan putar yang efisien untuk menghasilkan adonan kalis yaitu dengan variasi putaran 450 rpm. Penelitian ini diharapkan memberikan wawasan bagi industri roti dalam mengoptimalkan proses pengadukan untuk mencapai adonan yang lebih baik, sehingga menghasilkan produk roti berkualitas dengan konsisten.

Kata Kunci: Rancang Bangun, Mixer, Adonan, Roti


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Nainggolan, B., & Nainggolan, H. (2021). RANCANG BANGUN MESIN PENGADUK ADONAN DONAT UNTUK USAHA MIKRO BERKAPASITAS 4 KG/JAM. Jurnal Teknologi Mesin UDA, 2(2), 136-147.

Iswara, J. A., Julianti, E., & Nurminah, M. (2019). Karakteristik tekstur roti manis dari tepung, pati, serat dan pigmen antosianin ubi jalar ungu. Jurnal Pangan dan Agroindustri, 7(4), 12-21.

Kusnandar, F., Danniswara, H., & Sutriyono, A. (2022). Pengaruh Komposisi Kimia dan Sifat Reologi Tepung Terigu terhadap Mutu Roti Manis. Jurnal Mutu Pangan: Indonesian Journal of Food Quality, 9(2), 67-75.

Amri, A., Salahuddin, S., & Gani, F. A. (2021). Desiminasi Teknlogi Mesin Pengolahan Adonan Kue Berkapasitas 10 Kg Pada Kelompok Usaha UD. Milhy Jaya. In Prosiding Seminar Nasional Politeknik Negeri Lhokseumawe (Vol. 5, No. 1, pp. 84-86).

Yuniwati, I., Pamuji, D. R., Handoko, R. T., & Alfiyah, N. (2022). PENINGKATAN EFEKTIVITAS PEMBUATAN JAJANAN PASAR DENGAN PEMANFAATAN MIXER VERTIKAL ADONAN OTOMATIS PADA HOME INDUSTRY DI DESA GITIK KECAMATAN ROGOJAMPI. In Prosiding Seminar Nasional Terapan Riset Inovatif (SENTRINOV) (Vol. 8, No. 3, pp. 82-89).

Wahid, A. R., Mulyaningsih, N., & Salahudin, X. (2017). Analisis Mesin Mixer Horizontal Dengan Variasi Putaran dan Waktu Pengadukan. Journal of Mechanical Engineering, 1(1), 8-17.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


.Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.