KARAKTERISTIK EKSPERIMENTAL DAN TEORITIS GETARAN BALOK KAYU LONTAR (Borassus Flabellifer Linn) DENGAN KETEBALAN BERVARIASI

A. Aswin Salam, Muh. Syahril M, Muhammad Arham

Sari


Abstrak

Penelitian yang bertujuan untuk mengetahui karakteristik dari kayu Lontar, dimana material ini banyak digunakan dikalangan Masyarakat dalam berbagai macam kebutuhan khususnya dalam bidang konstruksi. Karakteristik penelitian ini diperoleh dengan menentukan nilai simpangan (x) dan kecepatan (x.) saat amplitudo (ω). Dari hasil perhitungan secara eksperimental maupun secara teoritis diperoleh perbandingan nilai kekakuan antara eksperimental dengan teoritis dari balok kayu lontar untuk posisi eksiternya, untuk eksperimental ketebalan 10 mm, untuk posisi eksiter L/3 mm dari tumpuan engsel, harga k = 23346,8499 N/m, untuk posisi eksiter L/2 mm dari tumpuan engsel, harga k = 17491,685 N/m, untuk posisi eksiter 2L/3 mm dari tumpuan engsel, harga k = 20435,6986 N/m. Sedangkan pada teoritis untuk ketebalan 10 mm, untuk posisi eksiter L/3 mm dari tumpuan engsel, harga k = 23949,46 N/m, untuk posisi eksiter L/2 mm dari tumpuan engsel, harga k = 18923,035 N/m, untuk posisi eksiter 2L/3 mm dari tumpuan engsel, harga k = 23653,79 N/m. Sehingga dapat disimpulkan bahwa nilai kekakuan secara teoritis dan eksperimental hampir sama.

Kata kunci : Kayu lontar, Amplitudo, Simpangan, Kecepatan.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Gere, James. M, Timonshenko, Bambang Suryoatmono, 2000. Mekanika Bahan (Terjemahan). Penerbit Erlangga, Jakarta.

http://bahari7.blogspot.com/2009/06/perahu-phinisi.html

K. Vierck, Robert, Munaf, Dicky Rezady, 1986. Analisa Getaran (Terjemahan). Penerbit Eresco, Bandung.

Mappaita, Abdullah, 2005. Getaran Mekanik. Jurusan Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Hasanuddin, Makassar.

Mappaita, Abdullah, 2004. Getaran Mekanik Lanjut. Jurusan Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Hasanuddin, Makassar.

Martawirya, A, Kartasujana I, Kadir K, Prawira S.A, 1989. Atlas Kayu Indonesia. Jilid I & Jilid II. Departemen Kehutanan, Badan Penelitian Dan Pengembangan Kehutanan, Bogor – Indonesia.

Rijal, Nasir, 2012. Analisis Getaran Balok Kayu Bitti (Vitex cofassus) Eksperimenta dan Teoritis. Tugas Akhir, Jurusan Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Hasanuddin, Makassar.

Risal, Syamsul, 2008. Analisis Eksperimenta Getaran Balok Kayu Kelapa . Tugas Akhir, Jurusan Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Hasanuddin, Makassar

Thomson, W.T, Lea Prasetyo, 1986. Teori Getaran Dengan Penerapannya (Terjemahan). Edisi ke Penerbit Erlangga, Jakarta.

William, W.Seto, Peterjemah. 1985. Getaran Mekanis (Terjemahan). Teori Dan Soal-Soal Penerbit Erlangga, Jakarta.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


.Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.