PERANCANGAN MESIN DOWEL KAYU UNTUK PEMBUATAN GAGANG SAPU

Andi Nining, Ruslan Ruslan, Muhammad Ali Chandra, Muhammad Ikram Kido

Sari


Abstrak

Rancang bangun pembuat gagang sapu dowel untuk memahami dan mengetahui proses kerja mesin dowel yang digunakan membuat kayu menjadi silinder. Rancang Bangun mesin dowel ini menggunakan jenis kayu yang mempunyai tingkat kekerasan sedang seperti kayu mahoni, yang mana kayu tersebut di proses menjadi produk berbentuk silinder yang dipakai untuk gagan sapu. Tujuan pembuatan mesin dowel ini adalah untuk mempermudah pengrajin kayu untuk membuat suatu produk. Pada penelitian ini proses pengolahan kayu di mulai dengan memotong kayu mahoni yang panjangnya 100 cm berbentuk persegi, yang selanjutnya dilakukan proses penyerutan yang  berbentuk silinder kayu dengan diameter 20 mm. Hasil dari perancangan ialah pembuatan produk  batang gagang sapu memerlukan waktu kurang lebih 1 menit (± 40 detik,) dalam 1 produk gagang sapu, dan  daya motor listrik yang digunakan  sebaiknya sebesar 1 hp dengan putaran 2890 rpm.

Kata kunci ; Mesin Dowel, Kuyu Mahoni, Gagang Sapu


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Sirait, R., & Purba, W. (2021). RANCANG BANGUN MESIN DOWEL GAGANG SAPU UKURAN 20 MM. Jurnal Teknologi Mesin UDA, 2(2), 43-54.

Irham Fadlika,Pengolahan Limbah Kayu Menggunakan MESIN DOWEL KAYU DOWEL KAYU KAYU OTOMATISDAN RUMAH LINGKUNGAN DI DESA PURWODADI, 2021,Hal 507-515.

Kurniawan Wijayanto, dkk, 2016. Rancang Bangun Mesin Dowel untuk pembuatan kayu silinder dengan diameter 10 sampai 20mm untuk industri gagang sapu dan sangkar burung, Universitas Sebelas Maret, Surakarta.

]Wulandari, Diah ,Muhammad Mukafi Abdul Fatah MESIN DOWEL KAYU, 2017,hal 5

Risman Kornelius Sirait,RANCANG BANGUN MESIN DOWEL KAYU UKURAN 20 MM, 2021,Vol 2,Hal 43-44.

Rafli, R., Kostituante, & Yahya, I. (2021). RANCANG BANGUN MESIN DOWEL GAGANG SAPU DIAMETER 20 MILIMETER MENGGUNAKAN MOTOR BENSIN 7.0 HP SEBAGAI PENGGERAK. Jurnal Teknik Mesin, 7(2), 27–33.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


.Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.