RANCANG BANGUN ALAT BANTU PRODUKSI IKAN ASAP DI KABUPATEN FAKFAK

Osmar Buntu Lobo, Tessya Novita E. Wagab, Depretes V. Notanubun

Sari


AbstrakHasil laut yang berlimpah di Kabupaten Fakfak menuntut masyarakat khususnya keluarga para nelayan untuk bisa mengatwetkan ikan dengan berbagai cara agar ikan dapat bertahan lama dan tidak cepat busuk. Selain untuk pengawetan ikan, mengasapi ikan juga akan menambah nilai ekonomis karena akan memberikan rasa dan aroma yang khas dan lezat pada ikan. Pengawetan yang paling populer di daerah ini adalah ikan asin dan ikan asap. Penelitian ini berfokus pada terbentuknya alat yang sederhana dan mudah dibuat untuk mengasapi ikan. Metode yang dilakukan pada penelitian ini adalah metode experiment yaitu merancang bangun alat pengasapan ikan dan pengujian produk. Produk yang akan diuji disini adalah ikan yang telah diasapi menggunakan alat tersebut guna mengetahui apakah alat tersebut layak digunakan atau tidak. Kesimpulan dari penelitian ini adalah alat pengasapan ikan yang telah dibuat terbukti mempersingkat waktu untuk mengasapi ikan yaitu selama 40menit dan menghasilkan produk ikan asap yang memenuhi standar nasional indonesia (SNI).

 

Kata kunci: ikan asap; alat pengasapan; pengawetan

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


A. P. Sari, L. T. Wambrauw, dan M. R. Maspaitella, “Analisis Tingkat Pendapatan Nelayan Dan Lembaga Pemasaran Perikanan Tangkap Di Kabupaten Fakfak Provinsi Papua Barat,” JFRES J. Fisc. Reg. Econ. Stud., vol. 2, no. 1, hal. 78–86, 2019.

O. B. Lobo dan F. A. Hardinsi, “Rancang bangun alat pembuat ikan asap menurut standar nasional indonesia,” SINERGI, vol. 20, no. 2, hal. 210–214, 2022.

D. F. Frayogo, “Perbedaan Pengasapan Panas dan Pengasapan Dingin Terhadap Mutu Katsuobushi Ikan Cakalang (Katsuwonus pelamis),” Fak. Perikan. dan Kelaut., hal. 1–11, 2019.

Badan Standardisasi Nasional, Ikan Asap dengan Pengasapan Panas, vol. SNI 2725 : 2013.

J. Sirait dan H. Saputra, “TEKNOLOGI ALAT PENGASAPAN IKAN DAN MUTU IKAN ASAP,” no. 1, hal. 220–229, 2020.

BPS-Kab. Fakfak, Kabupaten Fakfak dalam Angka. Fakfak: BPS KABUPATEN FAKFAK, 2020.

M. I. Aly, Ermin, dan M. Koroy, “Pengaruh Lama Waktu Pengasapan Terhadap Kualitas Ikan Cakalang (Katsuwonus Pelamis) dan Ikan Tuna Tongkol (Euthinus Affinis) Berdasarkan Hasil Uji Organoleptik di Kota Ternate”,” Ilm. Wahana Pendidik., vol. 8, no. November, hal. 490–507, 2022.

Badan Standarisasi Nasional, “Cara Uji Kimia - Bagian 2: Pengujian Kadar Air pada Produk Perikanan. SNI 2354.2:2015,” Standar Nas. Indones., hal. 1–8, 2015.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


.Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.