STUDI EKSPERIMENTAL PENINGKATAN TEMPERATUR TERHADAP HASIL INJEKSI MOLDING PLASTIK PE, PP, DAN HDPE

Muhammad Ikhsan, Muh Aqdar Fitrah, Sura Prawira

Sari


Abstrak

Pada penelitian ini dilakukan studi pengaruh suhu dan tekanan terhadap hasil injeksi molding pada jenis plastik dengan bahan yang mudah didapatkan. Penggunaan mesin injeksi molding plastik ini di gunakan untuk menunjang proses produksi yang lebih cepat. Untuk itu dalam studi ini menjelaskan efek hasil cetakan plastik yang dihasilkan dari mesin injeksi molding yang dipengaruhi oleh temperature, tekanan dan faktor lainnya yang dapat mempengaruhi terjadinya cacat produk pada proses injeksi plastik. Jenis plastik, yang di uji yaitu polyethylene, polypropylene, High-density polyethylene. Berdasarkan hasil studi kegagalan produk pada plastik yang disebabkan oleh temperature yang lebih rendah akan mengakibatkan biji plastik tidak meleleh sempurnah dan cacat short shoot pada plastik. Dalam mencetak produk plastik juga perlu diperhatikan nilai tekanan operasi. Tekanan injeksi yang terlalu kecil juga akan menyebabkan cacat short shoot pada bagian plastik karena bagian biji plastik tidak memenuhi ruang molding. Selain itu, cekaman molding juga dapat menjadi faktor terjadinya cacat produk pada plastik. Bila cekaman molding rendah dibandingkan tekanan dorong maka akan menyebabkan flashing pada produk plastik. Dari hasil tersebut, biji plastik akan tercetak dengan baik bila berada pada area titik operasi.

 

Kata kunci: Injeksi Molding, Plastik, Temperatur, Tekanan

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Park, H. S., & Dang, X. P. (2017). Development of a smart plastic injection mold with conformal cooling channels. Procedia Manufacturing, 10, 48-59.

Krist, T., & Ginting, D. (1993). Dasar-Dasar Pneumatik. Erlangga, Jakarta.

Sreedharan, J., & Jeevanantham, A. K. (2018). Analysis of shrinkages in ABS injection molding parts for automobile applications. Materials Today: Proceedings, 5(5), 12744-12749.

Harper, C. A. (2000). Modern plastics handbook. McGraw-Hill Education.

Marin, F., de Souza, A. F., Ahrens, C. H., & de Lacalle, L. N. L. (2021). A new hybrid process combining machining and selective laser melting to manufacture an advanced concept of conformal cooling channels for plastic injection molds. The International Journal of Advanced Manufacturing Technology, 113, 1561-1576.

Deglas, W. (2023). PENGARUH JENIS PLASTIK POLYETHYLENE (PE), POLYPROPYLENE (PP), HIGH DENSITY POLYETHYLENE (HDPE), DAN OVERHEATED POLYPROPYLENE (OPP) TERHADAP KUALITAS BUAH PISANG MAS. Agrofood, 5(1), 33-42.

Xavier, S. F. (Ed.). (2022). Thermoplastic Polymer Composites: Processing, Properties, Performance, Applications and Recyclability. John Wiley & Sons.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


.Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.