PENINGKATAN TEMPERATUR UDARA MASUK RUANG PENGERING PADA ALAT PENGERING JAGUNG PELAT DATAR DENGAN PENUTUP KACA BERSUSUN

Haslinda HS, Ramli Ramli, M. Ilham Nur

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan lama pengeringan dan efisiensi alat pengering jagung menggunakan kolektor surya pelat datar  penutup kaca tunggal dan kaca bersusun. Metode yang digunakan adalah dengan membuat sebuah alat pengering dengan pelat 0,2 mm sebagai kolektor dengan menggunakan udara panas dan tenaga matahari sebagai media pengering. Alat ini, diharapkan dapat mengeringkan jagung dengan kadar air sebesar 14 % dengan penutup kaca tunggal dan kaca bersusun. Hasil penelitian menunjukkan bahwa  temperatur udara maksimum yang masuk kedalam ruang pengering  sebesar  63°C dengan perbedaan temperatur antara temperatur udara masuk dengan udara lingkungan sebesar 31,8 °C pada kaca tunggal penutup kaca bersusun temperatur udara maksimum masuk ruang pengering sebesar 67,2 °C dengan perbedaan temperature sebesar 32,3 °C .

Kata kunci : Temperatur Udara,, Jagung  dan Penutup Kaca


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Syaiful, M. (2009). Produk Pertanian Dengan Simulasi Computational Fluid Dynamics ( Cfd ). 12(3), 195–202.

Firmansyah, I., Aqil, M., & Sinuseng, Y. (2006). Proses Pascapanen. Balai Penelitian Tanaman Serealia, 364–385.http://balitsereal.litbang.pertanian.go.id/wp content/uploads/2016/11/duasatu.pdf

Harianda, I., & Zaenuri, M. A. (2020). Rancang Bangun Pengering Jagung Energi Surya Dengan Turbin Ventilator. 12(2), 105–111.

Syukri, H. (2005). Energi Surya. Bintang Lamumpatue.

Mohanraj, M., & Chandrasekar, P. (2009). Performance of a forced convection solar drier integrated with gravel as heat storage material. Proceedings of the IASTED International Conference on Solar Energy, SOE 2009, September, 51–54.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


.Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.