PENGEMBANGAN MESIN TOOL GRINDING ENDMILL

Lucky Wihelman Putra, Juswandi Juswandi, Asrul Hidayat, Muhammad Fachrul, Muhammad Ikram Kido

Sari


Mesin tool grinding endmill merupakan mesin perkakas yang berfungsi untuk mengasah alat potong endmill khususnya mesin frais yang mengalami keausan akibat dari proses pemesinan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah mesin tool grinding endmill yang berguna untuk mengasah atau menajamkan alat potong endmill khususnya pada mesin frais. Selanjutnya persiapan alat dan pemilihan bahan dasar berupa universal tools grinding attachmant tipe 50HC, pengecekkan fungsi dan kesesuaian komponen yang telah dikumpulkan, pembuatan dan perakitan alat mesin. Tool grinding endmill, pengambilan data dan pengujian mesin pada pengoprasian dengan gerakan kedua sumbu X dan Y meja eretan, dan kepresisian attachment terhadap permukaan batu grinding pada motor grinding dan menentukan proses pengasahan pada setiap berbagai jenis mata pahat endmill. Hasil yang diperoleh yaitu pada Pengasahan catter endmil yang baik akan menghasilkan proses penyayatan yang bagus, jika catter endmill mengalami keausan maka akan mempengaruhi hasil penyayatan terhadap permukaan benda kerja yang lebih kasar, jika cutter endmil dalam kondisi tajam akan menghasilkan penyayatan terhadap benda kerja yang lebih halus. 

 

Kata kunci: tool grinding, endmill grinding attachment. mesin tool grinding endmill

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


. Muhammad Rahmat, dkk (2019). “Analisa pengaruh variasi parameter pemotongan dan pendingin terhadap tingkat keausan pahat endmill HSS hasil pemesinan CNC router milling pada aluminium sheet 1100” Politeknik Negeri Lhokseumawe.

. Zainal Abidin (2010). “Mekanisme kehausan pahat pada proses pemesinan”. Politeknik Negeri Semarang

. Muhammad Akmal, dkk (2020). “Rancang bangun tool grinding”. Politeknik Bosowa.

. Zainuddin, dkk (2013) “Pengaruh sudut penyayatan dan jumlah mata sayat endmill cutter terhadap tingkat kekasaran permukaan baja ST 40 hasil pemesinan CNC Milling Tosur kontrol GSK 983 Ma-H”. Teknik Mesin UNS Pabelan Surakarta.

. Didik Djoko susilo (2012). “Pengaruh sudut pahat endmill terhadap kekasaran permukaan pada pekerjaan frais permukaan baja ST 63”. Teknik Mesin UNS Pabelan Surakarta.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


.Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.