Pengembangan Mesin Pencacah Botol Plastik

Asrul Hidayat, Muhammad Ali Chandra, Muhammad Ikram Kido

Sari


Mesin pencacah botol plastik adalah sebuah alat yang digunakan untuk mencacah atau menghancurkan plastik menggunakan pisau terbuat dari besi yang dirancang untuk mencacah. Dapat mencacah botol minuman berbahan plastik dan botol oli dengan ketebalan maksimal 2 mm . Tujuan dari perancangan ini dapat membuat alat yang dapat mencacah botol plastik hingga ukuran 10 mm, perancangan ini dapat meningkatkan nilai ekonomis sampah plastik, mengurangi dampak pencemaran lingkungan dan dapat memaksimalkan proses pengepakan pada saat akan dikirim serta dapat dibuat menjadi usaha dengan bahan baku dari plastik. Tahap – tahap penelitian yang dilakukan adalah perencanaan, perhitungan dan pemilahan bahan yang digunakan. Selanjutnya perancangan dimulai dari pembuatan rangka, perakitan alat, pengujian dan pengecatan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa mesin pencacah plastik dapat menaikkan nilai ekonomis sampah botol plastik, pengurangan tempat penyimpanan sampah botol, dan dapat mencacah botol hingga ukuran 10 mm.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Junaidi, nur, I, nofriadi & rusmardi 2015, Pengembangan Mesin Pencacah Sampah atau Limbah Plastik Dengan Sistem crusher dan silinder pemotong type rel.

Segara Frendi, 2019, “Desain Mesin Pencacah Limbah Botol Plastik Dan Softdrink Kapasitas 10kg/Jam” dalam Tugas Akhir, Jurusan Teknik Mesin, Universitas Muhammadiyah Sumatera

Utara. Diakses http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/852

Upingo Hariyanto, Yunita Djamalu, Sjahril Botutihe. 2016, “Optimalisasi Mesin Pencacah Plastik Otomatis.” dalam jurnal Jurnal Teknologi Pertanian Gorontalo (JTPG) Hal. 121-139.

Online. https://www.researchgate.net/publication/316739146

Yantony Didit, “Rancang Bangun Mesin Pencacah Plastik Tipe Sumbu Menyudut untuk Usaha Mikro,” JTERA (Jurnal Teknologi Rekayasa), Vol. 4, No. 1, Juni 2019, Hal. 47-52 DOI:

31544/jtera.v4.i1.2019.47-52


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


.Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.