RANCANG BANGUN MESIN CNC ROUTER

Khaidir Ma’arif, Muhammad Yusril, Muhtar Muhtar, Alang Sunding, Nanang Roni Wibowo

Sari


Mesin CNC(computer Numerical Controllrd) router merupakan penggabungan teknologi CNC dan mesin router, CNC difungsikan untuk mengontrol pergerakan proses pemotongan dan router yang difungsikan sebagai pemutar alat potong, mesin ini memanfaatkan putaran mata potong yang berputar pada sumbunya untuk melakukan pekerjaan menggali (milling), mengukir (engraving) dan memotong (cutting). Penelitian ini bertujuan untuk membuat produk yang mempunyai nilai jual yang dapat bersaing dan kualitas dapat diterima dengan kegunaan membuat produk. Langkah kerja penelitian yaitu reverse engineering lengan robot Kartesian Fanuc dan pembuatan desain menggunakan software Computer Aided Design. Selanjutnya persiapan alat dan pemilihan bahan berupa hardware sistem kontrol dan software sistem kontrol, pengecekkan fungsi dan kesesuaian komponen yang telah dikumpulkan, pembuatan dan perakitan alat mesin CNC router, pengambilan data dan pengujian alat dengan menggunakan mode gerakan tiga axis seperti kalibrasi meja, MDI, dan sumbu ketiga otomatis X, Y, dan Z. Hasil yang diperoleh menunjukkan kepresisian dari tiap sumbu X, Y, dan Z sesuai dengan nilai toleransi yang diinginkan yaitu masing-masing 0,01 mm dan kontur ukiran pada benda kerja tidak menunjukkan penyimpangan,hasil produk dari mesin CNC ini berupa gantungan kunci dari bahan dasar akrilik dengan ukuran 47 mm x 50 mm dengan tebal pemakanan sebesar 0,2 mm dengan waktu pengerjaan 28 menit, untuk papan nama dari bahan dasar ACP (alumunium composite panel) dengan dimensi pengerjaan 310 mm x 35 mm dan kedalaman pemotongan 5 mm dengan waktu 8.51 menit dan kayu dengan dimensi pengerjaan 89,4 mm x 64,1 mm dan waktu pengerjaan 3.35 menit.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


M. Amala and S. Widyanto, “Pengembangan Perangkat Lunak Sistem Operasi Mesin Milling Cnc Trainer,” J. Tek. Mesin, vol. 2, no. 3, pp. 204–210, 2014.

M. Jufrizaldy, I. Ilyas, and M. Marzuki, “Rancang Bangun Mesin Cnc Milling Menggunakan System Kontrol Grbl Untuk Pembuatan Layout Pcb,” J. Mesin Sains Terap., vol. 4, no. 1, p. 37, 2020,doi:10.30811/jmst.v4i1.1743.

T. N. Industri and K. Mebel, : “( l ) dapat meningkat ( kualitas.”

A. Nugroho and S. Sujadi, “Pengaruh Penggunaan Mesin Cnc Router Terhadap Waktu Standar Pengerjaan Ornamen Desain Interior,” J. Rekayasa Sist. Ind., vol. 4, no. 2, p. 86, 2019, doi: 10.33884/jrsi.v4i2.1272.

A. Hutagalung, Habibi . Chemie Int. Ed. kusenmahoni.blogspot.co.id/ 6(11), 951–952., pp. 5–24, 1967.

I. Syukran Harrizal, Syafri, and A. Prayitno, “Rancang Bangun Sistem Kontrol Mesin CNC Milling 3 Axis Menggunakan Close Loop System,” Jom Fteknik, vol. 4, p. 1, 2017


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


.Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.