Rancang Bangun Mesin Pengering Dan Penggiling Gabah Mini

Muhammad Syahrul, Muhammad Agung Muis, Muhammad Syukur, Aminuddin Aminuddin, Muhammad Fachrul

Sari


Indonesia merupakan negara agraris yang memiliki sumber daya alam yang beraneka ragam salah satunya di bidang pertanian dengan penghasil padi terbesar. Pada saat ini sebagian banyak petani dalam memanfaatkan hasil paska panen dengan cara menjemur padi di tempat terbuka menggunakan bantuan dari sinar matahari secara langsung. Permasalahan yang sering di hadapi sebagian petani yaitu proses pengeringan gabah pada saat musim hujan dan panen padi bersamaan, kandungan kadar air gabah hasil panen sebesar 28 % yang terbilang cukup tinggi dan tidak dapat disimpan begitu saja karena dapat merusak gabah. sebagian masyarakat pedalaman mengalami kesulitan di penggilingan gabah dikarenakan pabrik penggiling gabah yang terbilang cukup minim. Dalam rancang bangun mesin pengering dan penggiling gabah mini berdimensi 1160 mm x 500 mm x 610 mm yang dirancang melalui software computer aided design (CAD), sumber panas yang di hasilkan dari 2 buah kompor yang berbahan bakar gas elpiji 3 kg untuk 5 kali pengeringan, dengan dimensi tabung pengering yang berkapasitas 15 kg gabah. proses pengeringan membutuhkan waktu 50 menit dengan kadar air gabah siap giling 13%, hasil penggilingan gabah kering 15 kg menjadi beras sebanyak 7,5 kg dan membutuhkan waktu 13 menit untuk satu kali penggilingan.
Kata kunci: Rancang bangun, pengering, penggiling, gabah, petani


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


K. Binakal and K. Bondowoso, “JURNAL EKONOMI EKUILIBRIUM ( JEK ) Analisis Kelembagaan Hulu Industri Tape di Desa Sumber Tengah,” vol. 2, no. 2, pp. 40–51, 2018.

M. A. Hamurung and Y. Kadang, “Rancang Bangun Prototype Mesin Pengering Padi Berbahan Bakar Sekam Dengan Pengaduk Horizontal,” Pros. Semin. Nas., vol. 04, no. 03, pp. 16–25, 2016.

Suparlan, R. Gultom, T. N., and Daragantina, “Rekayasa dan pengembangan mesin penggilingan padi keliling untuk meningkatkan rendemen beras mencapai 62%,” pp. 214–223, 2018.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


.Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.