MEDIA PEMBELAJARAN KOMPRESOR TORAK TUNGGAL DAN KOMPRESOR TORAK GANDA

Rezky Ramadhan Sake, Hermawan Hermawan, Akbar Naro Parawangsa, Ulia Ridhani

Sari


Media pembelajaran dalam mengajar memegang peranan penting sebagai alat bantu untuk prsoses belajar mengajar yang efektif, salah satunya adalah kompresor. Kompresor merupakan mesin atau alat mekanik yang berfungsi untuk meningkatkan tekanan atau memampatkan fluida gas atau udara. Pada penelitian ini digunakan 2 jenis kompresor yaitu kompresor torak tunggal dan komprsesor torak ganda. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendemonstrasikan prinsip kerja kompresor torak, membandingkan jumlah tekanan udara yang masuk dan keluar dari reservoir dengan menggunakan kompresor torak tunggal dan kompresor torak ganda dan tiga variasi ukuran pulley penggerak yang berbeda, melakukan perawatan pada kompresor. Tahap-tahap penelitian yang dilakukan adalah perencanaan, perhitungan dan pemilihan bahan yang digunakan, selanjutnya pembuatan rangka, perakitan, dan pengujian. Hasil penilitian menunjukkan bahwa kompresor torak tunggal waktu yang di butuhkan untuk mengisi tabung menggunakan pulley 1 = 324 detik menit, pulley 2 = 258 detik, pulley 3= 192 detik sedangkan kompresor torak ganda waktu yang di butuhkan untuk mengisi tabung menggunakan pulley 1 = 309 detik, pulley 2 = 198 detik, pulley 3 = 160 detik. Hal ini menunjukkan bahwa semakin besar diameter pulley penggerak maka semakin cepat pengisian pada kompresor.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Hidayatullah, “Rancang bangun media pembelajaran kompresor torak,” vol. 1, no. September, pp. 1–14, 2017.

E. Di and K. M. Gunung, “Penurunan Kinerja Kompresor Untuk Starting,” no. April, pp. 8–17, 2015.

Amrullah, “Rancang Bangun Alat Uji Kompresor Torak sebagai Media Pembelajaran,” vol. 6, no. 2, 2018.

Y. H. Nuraidin, F. Arina, and P. F. Ferdinant, “Usulan Perawatan Mesin Compressor Unit C Dengan Metode Reliability Centered Maintenance ( RCM ) Di PT . XYZ.”

A. D. Susanto and H. H. Azwir, “Perencanaan Perawatan Pada Unit Kompresor Tipe Screw Dengan Metode RCM di Industri Otomotif,” doi: 10.23917/jiti.v17i1.5380.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


.Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.