Rancang Bangun Pemanas Bearing Dengan Metode Induksi Untuk Pemasangan Bearing

Akbar Naro Parawangsa, Nanang Roni Wibowo

Sari


Bearing adalah bagian dari elemen mesin yang terbuat dari logam yang berfungsi untuk mengurangi gesekan antara poros dan rumahnya atau sebaliknya yang salah satunya berputar. Produsen bearing dari Swedia, menunjukan bahwa kasus kerusakan awal bearing yang disebabkan oleh pemasangan bearing secara sederhana (dengan cara dipukul tanpa menggunakan alat Special service tools) menyumbang 16 % dari total kerusakan pada bearing. Penelitian ini bertujuan untuk mengurangi kerusakan awal  pada saat pemasangan bearing terhadap  poros dengan menggunakan metode pemanasan induksi pada in ner ring bearing. Selain itu, pemanasan bearing dilakukan pada suhu 90 - 110℃ dengan menggunakan pengendali sistem kontrol Arduino nano.

 

Manfaat dari penelitian ini adalah untuk mengetahui cara pemasangan bearing teerhadap poros dengan cara induksi dan juga untuk menambah kelengkapan media praktikum bearing. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan alat ini bearing NF 211 dengan suhu 90°C dapat memuaikan inner ring sebesar 0.01 mm, suhu 100°C  sebesar ,110°C sebesar , bearing 7213 dengan suhu 90°C dapat memuaikan inner ring sebesar  0.04 mm, suhu 100°C sebesar  0.05 mm, suhu 110°C sebesar 0.97 mm, dan bearing  6015 dengan suhu 90°C  dapat memuaikan inner ring sebesar 0.06 mm, suhu 100°C sebesar  0.16 mm, suhu 110°C sebesar 0.18 mm. Pada saat di panasi secara merata dan suhunya terkontrol dengan baik, sehingga efisien pada saat pemasangan bearing terhadap poros dan mengurangi kerusakan awal pada saat pemasangan bearing.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


T. Someya, Journal-Bearing Databook, New York: Springer-Verlag Berlin Heidelberg GmBH, 1989.

P. S. Pratama, A. Warsito dan K. , “Perancangan Inverter Resonan Seri Frekuensi Tinggi Suplai Pemanas Induksi pada Alat Pemanas Bearing,” eprints.undip.ac.id, Semarang, 2011.

A. J. dan R. S. , “Rancang Bangun Alat Dismounting dan Mounting Bearing Menggunakan Hydrsulic Jack,” Politeknik Bosowa, Makassar, 2016.

A. P. dan E. S. , “Rancang Bangun Media Pembelajaran Mounting dan Dismounting Bearing,” Politeknik Bosowa, Makassar, 2017.

N. M. I. Rokhim dan W. Purnomo, “Perancangan dan Pembuatan Sistem Pemanas Induksi untuk Bearing Berbasis Mikrokontroller Arduino,” http://repository.polman-bandung.ac.id/, Bandung, 2012.

E. A. Nugroho, “Implementasi Inverter Sebagai Pengendali Motor Induksi Tiga Fasa Dengan Metode Space Vector Pulse Widht Modulation (SVPWM),” SIMETRIS, vol. 7, no. 2, pp. 597-604, 2016.

F. Silitonga, “Pembuatan Prototip Pemanas Bearing,” Aplikasi dan Rekayasa dalam Bidang Iptek Nuklir (PRIMA), vol. 4, no. 8, pp. 1-6, 2007.

S. I. Setiawan dan S. Purwanto, “Perancangan Sistem Pemanas Bearing Menggunakan Kontrol PI Berbasis Mikrokontroller Atmega 8535,” Eprints Undip, Semarang, 2011.




DOI: https://doi.org/10.61141/joule.v2i2.198

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

INDEXES IN

                                 

Jalan Kapasa Raya No. 23 (KIMA)
Makassar-Sulsel 90245
Email: Joule.TLS@politeknikbosowa.ac.id
https://jurnal.politeknikbosowa.ac.id/

 


View My Stats

 

Creative Commons License
This work is licensed under a
Creative Commons Attribution 4.0 International License.