Identifikasi Kelompok Prestasi Mahasiswa Berdasarkan Kombinasi Nilai Tugas, MID, dan UAS Menggunakan K-Means Clustering

Nur Azizah Ayu Safanah

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kelompok prestasi mahasiswa berdasarkan kombinasi nilai Ulangan Harian, Ujian Tengah Semester (UTS), dan Ujian Akhir Semester (UAS) menggunakan metode K-Means Clustering. Data yang digunakan adalah nilai mahasiswa dari mata kuliah Ilmu Budaya Dasar di Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Universitas Maritim Raja Ali Haji. Sampel terdiri dari 24 mahasiswa dengan atribut yang dianalisis meliputi Tugas Mandiri (TM), Tugas, UTS, dan UAS. Metode K-Means Clustering digunakan untuk mengelompokkan data ke dalam tiga kategori prestasi: tinggi, sedang, dan cukup. Proses clustering dilakukan melalui beberapa iterasi hingga tidak ada lagi perubahan anggota cluster. Hasil pengelompokan kemudian divalidasi menggunakan software KNIME Analytic Platform untuk memastikan akurasi. Penelitian ini menunjukkan bahwa metode K-Means Clustering dapat digunakan secara efektif untuk menganalisis dan mengelompokkan prestasi mahasiswa berdasarkan kombinasi nilai akademik mereka, memberikan wawasan yang bermanfaat bagi institusi pendidikan tinggi dalam memahami pola prestasi mahasiswa.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


J. Baxter, G. Aranda-Mena, and K. Robson, “Chasing student satisfaction in the delivery of property higher education,” in 24th Annual European Real Estate Society Conference, Delft, Netherlands: European Real Estate Society, 2017. doi: 10.15396/eres2017_84.

I. Fialho, M. Cid, and M. Coppi, “Pedagogical Assessment in Higher Education: The Importance of Training,” Educ. Sci., vol. 13, no. 12, p. 1248, Dec. 2023, doi: 10.3390/educsci13121248.

A. A. Widianto et al., “Practising Eco-Theology: Pesantren and Green Education in Narmada Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), Indonesia,” in Proceedings of the 1st Lawang Sewu International Symposium on Humanities and Social Sciences 2022 (LEWIS 2022), vol. 758, D. Mulyadi, S. Aimah, and E. Winaryati, Eds., in Advances in Social Science, Education and Humanities Research, vol. 758. , Paris: Atlantis Press SARL, 2023, pp. 118–125. doi: 10.2991/978-2-38476-078-7_14.

Qorik IM, Eko SB, “Implementasi Algoritma K-Means Clustering Dalam Penilaian Kedisiplinan Siswa,” in Jurnal Sistem Komputer dan Informatika (JSON), vol. 3, 2022

Reynaldi SG, Erika R, “Implementasi Bcrypt dengan SHA-256 pada Password Pengguna Aplikasi Golek Kost,” in Jurnal Sistem Komputer dan Informatika (JSON), vol. 3, 2022

Gustientiedina dkk, “Penerapan Algoritma K-Means Untuk Clustering Data Obat-Obatan,” in Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi (TEKNOSI), vol. 5 No.1, Universitas Andalas, 2019

Tifani dkk, “Metode K-Means Clustering Dalam Pengelompokan Penjualan Frozen Food,” in Jurnal Ilmiah Wahan Pendidikan, vol. 8, 2022


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


View My Stats