Implementasi Modul Kontrol Flow Menggunakan Kontroler PID Digital Berbaris Mikrontroler Atmega328

Arjuni Lukman, Dzulfiana Afrilia, Nanang Wibowo, Yoan Elviralita

Sari


Laboratorium Sistem Kendali di Politeknik Bosowa memiliki Trainer pengendalian variabel proses yang menerapkan pengendali PID dalam bentuk program PLC untuk mengendalikan variabel proses. Namun trainer tersebut memiliki lisensi untuk penggunaan di luar laboratorium seperi untuk implementasinya di industri yang menjadi salah satu tujuan praktikum Sistem Kendali sehingga tujuan dari penelitian ini yang membuat suatu pengendali PID yang lebih efisien menggunakan mikrokontoler ATmega 328 sebagai pusat pemrosesan, pengendali yang akan dibuat dapat digunakan untuk mengedalikan variable proses yang umum seperti kecepatan aliran air. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimental melalui proses perancangan dan pembuatan pengendali PID serta pembuatan plant melalui beberapa percobaan. Dari penelitian ini diperoleh karakteristik pengendali PID dengan Kp=100 Ki=20 dan Kd=0 yang mampu mencapai kondisi steady state dalam waktu sebesar 297 milidetik, tuning parameter tersebut diperoleh dengan cara Trial and Error.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Gozali,R.B.Moch.2005."Desain Kontrol Pid Dengan Metoda Tuning Direct Synthesis Untuk Pengaturan Kecepatan Motor De". Dalam TEKNOIN, 10 (4): 284A. R. Al Tahtawi and A. S. Rohman, “Perancangan Pengendali PI-AW pada Simulator Mobil Listrik untuk Kendali Kecepatan dan Torsi,” Jurnal Teknik Elektro, Komputer, dan Informatika (ELECTRANS), vol. 14, no. 1, pp. 1-7, 2016.

Protus Pieter Kalatiku dan Deny Wiria Nugraha. 2011. "Sistem Pengendalian Pid Yang Diaplikasikan Pada Pengendalian Steam Turbin Dengan Single Variable Input Dan Single Output". Jurnal SMARTek, 9(2: 141-142]

R Wibowo, Nanang. 2014. "FPGA Based Universal Digital Controller". Tesis. Teknik Elektro. Universitas Hasanuddin.V. Ungan, “Networked PID Controllers for Wireless Systems,” Master degree project, KTH Royal Institute of Technology, 2010.

Atmel. ATmega328/p 2016. Datasheet Summary. Atmel corporation.

STMicroelectronics. 2000. L298 Dual Full- Bridge Driver.STMicroelectronics.

Opari. Pompa Air Mini Arus DC 12v 12volt 12 V Hidroponik.2017., volt 5meter Aquarium (Online), https://www.tokopedia.com/opari/pom pa-air-mini-arus-dc-12v-12volt-12-v-volt-

Hobbytronics.2017. YF-S201 Hall Effect Water Flow Meter / Sensor, (Online), http://www.hobbytronics.co.uk/yf-s201-water- flow-meter, diakses 03 Juli 2017.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


View My Stats