Rancang Bangun Quadcopter Sebagai Alat Bantu Penyemprot Pestisida Pada Lahan Persawahan

Andi Muhammad Saiful, Muh Rafsanjani Husain, Nurhikmah Nurhikmah, Muhammad Nur, Fauziah Fauziah

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah teknologi pesawat tanpa awak dengan jenis quadcopter, agar  bisa lebih memudahkan pekerjaan pada bidang pertanian. Sehingga bisa meminimalisir permasalahan yang dihadapi oleh petani, seperti gangguan kesehatan yang diakibatkan oleh kandungan zat kimia berbahaya yang ada pada pestisida. Pengembangan alat ini juga dirancang untuk agar bisa melakukan penyemprotan pada lahan persawahan secara cepat dan efisien serta dapat mengurangi resiko terhirupnya zat kimia berbahaya oleh manusia. Drone jenis quadcopter yang digunakan pada penelitian ini  adalah jenis quadcopter tipe X yang bergerak menggunakan empat buah propeller berukuran 14.5 x 5.5 inch yang dipasang pada motor brushless 380KV. Berdasarkan hasil pengujian dan analisa quadcopter dengan berat 2300 gram, quadcopter hanya mampu mengangkat beban sebesar 3 kg dengan posisi throttle  max 100 persen diudara dengan menggunakan baterai 6000mAh yang diatur melalui Mission Planner software.          


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


R. Hidayat, “Rancang Bangun Prototype Drone Penyemprot Pestisida Untuk Pertanian Padi Secara Otomatis,” JURNAL TEKTRO , September 2019.

R. R. B. Abdul Holik, “Prediksi Hasil Panen Padi Menggunakan Peawat Tanpa Awak,” Jurnal Ilmiah Rekayasa Pertanian dan Biosistem, vol. 7, no. 2, pp. 249257, September 2019.

A. Yudhana, “Rancang Bangun Penyemprot Pestisida Untuk Pertanian Padi Berbasis Quadcopter,” Jurnal Ilmu Teknik Elektro Komputer dan Informatika (JITEKI), Desember 2017.

R. Shofiyanti, “Teknologi Pesawat Tanpa Awak Untuk Pemetaan dan Penentuan,” Informatika Pertanian, vol. 20, no. 2, pp. 58-64, Desember 2011.

D. Wahju, “Pengembangan Sistem Penyemprotan Pada Platform Pesawat Tanpa Awak Berbasis Quadcopter Untuk Membantu Petani Mengurangi Biaya Pertanian Dalam Mendorong Konsep Pertanian Pintar (Smart Farming),” Jurnal Ilmiah Bidang Teknologi, ANGKASA, November 2017.

A. Y. Dewi, “Korelasi Gaya Angkat dengan Kecepatan Putaran,” pp. 1-6, Oktober 2018.

L. L. U. T. Wili Kumara Juang, “Pembuatan Model Quadcopter yang Dapat,” Jurnal Teknik Elektro,, vol. 9, no. 2, pp. 49-55, 2016.

V. H. P. W. V. A. G. Agus Sehatman Saragih, “Rancang Bangun Quadcopter dengan Kendali PID”.

A. A. Erino, “Perancangan Quadcopter Untuk Pencarian Rute Optimum Pada Kebakaran Area Pemukiman Menggunakan Metode Pericle Swarm Optimization”.

K. d. B. Yulianti, “Analisis Motor pada Quadcopter,” vol. 8, no. 2, pp. 121-127, 2016.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


View My Stats