Rancang Bangun Modul Praktikum Elektronika Daya

Hermawan Hermawan, Andi Muhammad Saiful, Nanang Roni Wibowo, Yoan Elviralita

Sari


Elektronika daya adalah mengubah daya listrik dari satu bentuk kebentuk lainya dengan mengendalikan atau memodifikasi bentuk tengangan atau arusnya menggunakan piranti elektronik, dengan tujuan untuk efisiensi dan penghematan daya. Dalam kaitannya dengan mengendaliakan bentuk tengangan, ada beberapa rangkaian atau komponen yang digunakan contohnya SCR, triac, maupun dioda. Pembuatan modul praktikum elektronika daya ini bertujuan untuk mempermudah mahasiswa dalam melakukan praktikum elektronika daya, karena menghindari pemakaian dengan menggunakan projectboard  sehingga lebih safety dan meminimalisir adanya kerusakan pada komponen saat perangkaian. Adapun metode yang kami lakukan dalam merancang modul praktikum eletronika daya menggunakan metode eksperimen. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah saat  pin 2 arduino membaca sinyal  interrupt zero crossing, maka akan diubah kedalam  bentuk sinyal PWM  yang digunakan untuk memicu SCR atau triac untuk aktif. Untuk mengatur kapan/lama SCR atau triac aktif yaitu dengan mengatur lebar pulsa high sinyal PWMnya, semakin lebar pulsa high-nya maka akan semakin lama SCR atau triac dipicu untuk aktif. Karna frekuensi sinyal sinus yang digunakan 50Hz, maka priode-nya 0,2 detik untuk satu gelombang penuh 380 drajat. Sehingga untuk mengubah bentuk gelombang sinus-nya dilakukan dengan mengatur rentan waktu high sinyal PWM-nya.  


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


B. H. Delismar, Rayandra Ashyar, “Peningkatan Kreativitas dan Keterampilan Proses Sains Siswa melalui Penerapan Model Group Investigation Increasing,” Edusains, vol. 1, no. 2, pp. 25–32, 2013.

D. Kho, “Pengertian TRIAC dan Aplikasinya - Teknik Elektronika.” [Online]. Available: https://teknikelektronika.com/pengertian-triacdan-aplikasi-triac-thyristor/. [Accessed: 12-Feb-2020].

D. Kho, “Pengertian SCR (Silicon Controlled Rectifier) dan Prinsip Kerja SCR.” [Online]. Available: https://teknikelektronika.com/pengertian-scr-silicon-controllledrectifier-prinsip-kerja-scr/. [Accessed: 12-Feb-2020].

Unknown, “Pengertian CT ~ Pengertian CT / Current Tranformer.” [Online]. Available: http://pengertianctcurrenttranformer.blogspot.com/2014/10/pengerti an-ct.html. [Accessed: 12-Feb-2020].

Budis, “Prinsip Kerja Dioda Daya dan Rectifier | INFOELEKTRO.” [Online]. Available: http://www.infoelektro.com/2014/06/prinsip-kerja-dioda-daya-dan-rectifier.html. [Accessed: 12-Feb-2020].

Elektronika-dasar, “Zero Crossing - detektor.” [Online]. Available: https://elektronika-dasar.web.id/zero-crossing-detector/ [Accessed: 20-Feb-2020].


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


View My Stats