Robot Keseimbangan(Balancing Robot)

Muh Alfian Nauval, Abd Khaliq Sangga, Astriana Arifai, Muhammad Nur, Ishak Ishak

Sari


Robot keseimbangan beroda dua merupakan suatu robot yang memiliki prinsip kerja seperti pendulum terbalik yang mempertahankan keseimbangan robot pada sudut 0° dan tegak lurus terhadap bidang datar. Untuk kontrol robot keseimbangan menggunakan Microkontroller dengan mengatur kecepatan dan arah putaran motor. Robot keseimbangan beroda dua menggunakan sensor gyroscope untuk mendeteksi kemiringan dan kecepatan sudut badan robot ketika akan terjatuh. Untuk penggerak robot menggunakan motor DC. Robot keseimbangan beroda dua mampu mempertahankan posisi robot pada kondisi seimbang.    


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Gunawan, Subagiyo, dan Wahyuni. (2013). Kontrol Kesetimbangan Pada Robot Beroda Dua Menggunakan Pengendali PID Dan Complementary Filter.Riau: Jurnal Teknik Elektro Dan Komputer.

Raranda, dan Rusimamto. (2017). Implementasi Kontroler PID Pada Two Wheels Self Balancing Robot Berbasis Arduino Uno. Surabaya: Jurnal Teknik ElektroUniversitas Negeri Surabaya

Bimarta, Eko Putra, dan Dharmawan. (2015). Balancing Robot Menggunakan Metode Kendali Proporsional Integral Derivatif. Yogyakarta: Jurnal Ilmu Komputer Dan Elektronika Universitas Gadjah Mada.

Ketaren prisko Lio. (2015). BalancingRobot Beroda DuaMenggunakan Metoda Kontrol Proporsional, Integral dan Derivatif: Jurnal Politeknik Caltex Riau.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


View My Stats