Mesin Penggulung Kumparan Motor Listrik

Andi Muthia Hijriani Rustam, Muhammad Nur Akbar, Wahyudin Firdaus, Yoan Elviralita, Fauziah Fauziah

Sari


Banyaknya sektor industri yang berkembang di Indonesia, salah satunya adalah industri pembuatan Motor Listrik dan Transformator, menambah jumlah jasa penggulungan kumparan motor listrik, akan tetapi masih sangat banyak ditemukan jasa penggulungan dengan menggunakan sistem manual dimana proses penggulungan kawat manual biasanya dioperasikan dengan memutar tuas penggulung menggunakan tangan, meskipun sudah banyak mesin penggulung dengan sistem otomatis yang beredar, namun harga yang ditawarkan masih sangat mahal untuk skala home industri. Tujuan dari pembuatan Mesin Penggulung Kumparan Motor Listrik ini adalah memudahkan untuk menggulung dan memindahkan lilitan secara otomatis sehingga dapat mengurangi kesalahan-kesalahan yang bisa saja terjadi akibat penggulungan secara manual. Metode yang digunakan adalah metode eksperimental dimana mengumpulkan data-data penelitian langsung maupun tidak langsung sebelum melakukan pembuatan alat. Pengujian yang dilakukan adalah Jarak perpindahan gulungan, waktu penggulungan, dan Pengatur Diameter Lilitan, Hasil dari Mesin Penggulung Kumparan Motor Listrik ini adalah rata-rata waktu yang dibutuhkan untuk menggulung 1 lilitan adalah 0,56 detik dengan kecepatan penggulungan sebesar 1,78 lilitan/detik dan selisih waktu pada saat penggulungan antara beberapa diameter lilitan yaitu sebanyak 0,04 detik, Jarak perpindahan lilitan dengan pemberian nilai inputan 1 putaran = 10mm, dan untuk mendapat perpindahan, jika dengan pemberian pulsa per motor yaitu pulsa / rev dibagi 2 untuk mendapatkan hasil perpindahan diameter lilitan.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ahyar M, &. I. (2015). Otomatisasi Mesin Penggulung Kumparan Motor Listrik dengan Pengggerak Motor Stepper.

Ahyar M, I. (2019). Perancangan Mesin Penggulung Kumparan Motor Listrik Sistem Otomatis Berbasis Mikrokontroler. Makassar: LPPM UNHAS.

Atmel, 8-bit Microcontroller with 4/8/16/32K Bytes In-System Programmable Flash. .

MEKATRONIKA_MODUL_9. (n.d.). Retrieved from https://www.google.com/url?sa=t&source=web& rct=j&url=https://file.upi.edu/Direktori/FPTK/JU R._PEND._TEKNIK_ELEKTRO

Prihono, S. (2019). Optimalisasi Alat Pengulung Kumparan Pad UKM Dinamo di Desa Brebek Kecamatan Waru Kabupaten Sidoarjo. Surabaya: Universitas PGRI Adi Buana.

Rizqiawan, A. (2009). Sekilas Rotary Encoder.

Siswanto. (2018). Rancang Bangun Alat Penggulungan Kawat Stator Berpenggerak Motor Listrik. Kediri: Universitas Nusantara PGRI.

Valdi Rizki Yandri, D. (n.d.). Rancang Bangun Alat Penggulung Kawat Email Untuk Kumparan Motor Menggunakan Mikrokontroler ATMega328 sebagai Unit Pengendali. Politeknik Negeri Padang, Kampus Unand Limau Manis Padang 25


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


View My Stats