PERANAN FRONT DESK AGENT DALAM PENINGKATAN TINGKAT HUNIAN KAMAR PADA UNHAS HOTEL DAN CONVENTION

Syarina Syarina, Anggun Sari Sasmita, Rafika Hayati, Nila Sartika Achmadi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan seorang Front Desk Agent section dalam peningkatan tingkat hunian kamar pada Unhas Hotel dan Convention. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan menggunakan responden yaitu Staff Reservtion, Supervisor Front office dan Assistant Front Office Unhas Hotel dan Convention. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa mengenai peranan Front Desk Agent dalam peningkatan tingkat hunian kamar di Unhas Hotel dan Convention adalah sebagai beikut : Petugas Front Desk Agent selain memberikan informasi kepada tamu Front Desk Agent juga memiliki tugas melakukan penjualan produk dan jasa hotel baik itu secara langsung maupun tidak langsung. Bekerjasama dengan  online dan offline travel agent. Hal ini merupakan cara yang  sangat efektif dan efesien dikarenakan banyaknya pengguna smartphone. Hampir seluruh dunia menggunakan smartphone jangkauan pemasaran semakin luas sehingga mudah menarik customer untuk menginap di hotel dari berbagai belahan dunia. Memiliki hubungan baik dengan customer secara langsung dan tidak langsung dapat membangun citra positif Unhas Hotel dan Convention karena itu dapat meningkatkan tingkat hunian kamar.


Keywords


Hotel, Peranan Front Desk Agent, Tingkat Hunian

References


brigette, l. (2002). Peranan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Dalam penyusunan RPJMD Kota Tomohon.

Deny, K. (2020). Pengaruh Saluran Distribusi Offline Dan Online Travel Agent Dan Implikasinya Terhadap Revenue Per Avvailable Room Di The Anvaya Beach Resort Bali. Kepariwisataan Dan Hospitalitis.

Jatmiko et al.,. (2022). Peranan Petugas Front Desk Agent Dalam Penjualan Kamar di Hotel 88 Jember Saat Pandemi Covid-19.

Juhanda, j. L. (2022). peranan petugas Front Desk Agent dalam penjualan kamar di hotel 88 jember saat pandemi covid-19. pariwisata.

Lutfi, H. (2019). Pengaruh Online Travel agent terhadap pemesanan kamar di hotel mutiara malioboro yogyakarta. Jurnal media wisata.

Sedjati, R. (2018). Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: Deepublish Setyawan, H. And.

Selamet, I. (2021). PERAN FRONT DESK AGENT DALAM MENINGKATKAN TINGKAT HUNIAN KAMAR DI TIJILI SEMINYAK HOTEL. JOURNEY Politeknik Nasional.

Soekanto, S. (2002). Peran badan perencanaan Pembangunan Daerah dalam Penyusunan RPJND Kota Tomohon. Administrasi Publik.

Soliha. (2015). Manajemen Pemasaran tinjauan. Teoristik Serta Riset Pemasaran. Semarang : Universitas Stikubank semarang.

Subagyo, S. H. P. (2015). Metode Penelitian Dalam Teori dan Praktek.




DOI: https://doi.org/10.61141/home.v6i1.478

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
Contact us: HOME : Hospitality and Gastronomy Journal ; Jl. Kapasa Raya No.23, Kelurahan Kapasa, Kecamatan Tamalanrea Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia