Implementasi Prosedur Kerja Guest Service Agent Terhadap Penerapan Adaptasi Kebiasaan Baru dalam Melayani Tamu Check-In dan Check-Out di 5 Hotel Bintang 4 Kota Makassar

Anggun Sari Sasmita, Rafika Hayati, Puja Sasmita

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi prosedur
kerja Guest Service Agent terhadap penerapan adaptasi kebiasaan baru dalam melayani tamu check in dan check out di 5 hotel bintang 4 kota Makassar. Penelitian ini menggunakan populasi dan sampel yaitu GSA di Aston Makassar hotel dan Convention center, Hotel Harper Perintis Makassar, Hotel Novotel Grand Shayla Makassar, Hotel Mercure Makassar Nexa Pettarani dan MAXone hotel and Resort Makassar. Hasil penelitian ini Menyimpulkan bahwa implementasi prosedur kerja Guest Service Agentterhadap penerapan adaptasi kebiasaan baru dalam melayani tamu check in dan check out di 5 hotel bintang 4 kota Makassar adalah tetap menjalankan protokol kebersihan guna melindungi kesehatan tamu dan staff Guest Service Agent yang hendak melakukan Check in dan Check out. Namun memasuki era New normal sebagian dari protokol kesehatan diringankan sejak berkurangnya angka penularan Covid 19 di Indonesia. Tamu yang hendak check in maupun check out akan mengikuti prosedur yang berlaku sesuai dengan SOP hotel yang ada.

 


Keywords


Implementasi; New Normal; Guest Service Agent; Check in; Check out

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.61141/home.v5i1.361

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
Contact us: HOME : Hospitality and Gastronomy Journal ; Jl. Kapasa Raya No.23, Kelurahan Kapasa, Kecamatan Tamalanrea Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia