KESADARAN HALAL DAN LABEL HALAL TERHADAP MINAT BELI PRODUK MAKANAN DI RESTORAN JEPANG (STUDI KASUS PADA ENAM RESTORAN JEPANG DI KOTA MAKASSAR)
Abstract
Dengan semakin meningkatnya populasi Muslim tiap tahunnya, maka hal
tersebut juga berdampak pada meningkatnya permintaan konsumsi atas produk
makanan halal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana tingkat kesadaran halal dan label halal terhadap minat beli produk makanan di 6 restoran Jepang di Kota Makassar. Penelitian ini dilaksanakan di 6 restoran Jepang di Kota Makassar, yaitu di restoran De’Sushi, Takigawa Not Takikawa, Hanashobu Japanese Noodle Bar Makassar, Marugame Udon Resto Jepang, Sushi Tei Makassar, dan Golden Suki. Variabel yang diteliti yaitu kesadaran halal dan label halal terhadap minat beli. Jenis penelitian ini yaitu deskriptif kuantitatif. Pengambilan sampel pada pada penelitian ini dengan menggunakan teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data kuantitatif menggunakan kuesioner skala likert yang diberikan kepada pengunjung restoran
Jepang. Teknik analisis data menggunakan distribusi tabel frekuensi dengan
menampilkan frekuensi dan presentasi dari hasil responden. Berdasarkan kesimpulan dari hasil penelitian, Kesadaran Halal Dan Label Halal Terhadap Minat Beli Produk Makanan Di Restoran Jepang (Studi Kasus Di 6 Restoran Jepang Di Kota Makassar) secara keseluruhan sudah sangat baik, karena nilai rata-rata keseluruhan yang diberikan oleh responden pada masing-masing pernyataan disetiap indikator kuesioner berada di atas 4,0 dan di bawah 5,0.
Kata kunci : Halal; Minat Beli; Restoran; Makanan; Kuantitatif.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Badaruddin, M. N. (2016). PERSEPSI TAMU TERHADAP ETIKET PELAYANAN GUEST SERVICE AGENT
DI NOVOTEL MAKASSAR GRAND SHAYLA CITY CENTRE. MAKASSAR, INDONESIA: POLITEKNIK
BOSOWA.
Gomuslim. (2017, Desember 26). Resto Halal Khas Jepang Ini Resmi Hadir di Makassar. Makassar,
Indonesia.
Retrieved
from
https://m.gomuslim.co.id/read/news/2017/12/26/6519/resto-halal-khas-jepang-ini-resmi-
hadir-di-makassar-html.
Hikmawati, F. (2018). METODOLOGI PENELITIAN. Depok, Indonesia: Rajawali Pers.
Izzuddin, A. (2018). Pengaruh Label Halal, Kesadaran Halal Dan Bahan Makanan Terhadap Minat
Beli Makanan Kuliner. Jurnal Penelitian Ipteks , 100.
Napitasari, A. (2018). ANALISIS MINAT BELI KONSUMEN PADA RESTORAN BERSERTIFIKAT HALAL
MUI DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA TAHUN 2018 (Studi Kasus Konsumen
Waroeng Steak and Shake, Gudeg Yu Djum, Bakso Betesda 74). Fakultas Ekonomi, Universitas
Negeri Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Ekonomi , 7 (Nomor 5).
Nofianti, A. K., & Rofiqoh, S. N. (2019). Kesadaran Dan Logo Halal: Apakah Menentukan Minat
Beli? (Studi Pada Praktisi Bisnis UMKM Di Gresik. Journal of Halal Product and Research , 16-
Pambudi, B. G. (2018). Pengaruh Kesadaran Halal Dan Sertifikasi Halal Terhadap Minat Beli Produk
Mie Instan (Studi pada Pemuda Muslim Bandarlampung). Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu
Politik, Universitas Lampung, Bandarlampung.
Puspita, S. (2019, Juni 11). Festival budaya dan kuliner Jepang. Retrieved from https://amp-
kompas-com.cdn.ampproject.org.
Rahma, F. (2018). Pengaruh Harga, Kualitas Layanan, Dan Store Atmosphere Terhadap Kepuasan
Konsumen Ichi Sushi GKB Gresik. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah
Gresik.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif dan R&D. Alfabeta. Bandung.
Tribun news. (2019, March 1). Mau makan mie ramen? Tak perlu jauh-jauh ke Jepang!. Makassar,
Indonesia.
Retrieved
from
https://makassar.tribunnews.com/amp/2019/03/01/tribunwiki-mau-makan-mie-ramen-tak-
perlu-jauh-jauh-ke-jepang-berikut-ini-5-lokasinya-di-makassar?page=3
Waskito, D. (2015). Pengaruh Sertifikasi Halal, Kesadaran Halal, Dan Bahan Makanan Terhadap
Minat Beli Produk Makanan Halal (Studi Pada Mahasiswa Muslim Di Yogyakarta), Program
Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta.
Windikusuma, D. K. (2015). Pengaruh Kesadaran Halal Terhadap Sikap Dan Implikasinya Terhadap
Minat Beli Ulang. Fakultas Ekonomika Dan Bisnis, Universitas Diponegoro. Semarang.
DOI: https://doi.org/10.61141/home.v3i2.184
Refbacks
- There are currently no refbacks.