ANALISIS PEMASARAN DAN DAMPAKNYA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN EXPERENTIAL MARKETING (STUDI KASUS: KOPI IRENG BANDUNG)

Dewanta Facrureza

Abstract


Terdapat sebuah pendekatan pemasaran experiential marketing yang melibatkan
emosi konsumen yang menciptakan pengalaman berkesan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kepuasan konsumen terhadap pengaruh expereiential marketing yang dilakukan oleh Kopi Ireng Dago Bandung. Untuk meneliti hal tersebut peneliti menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden yang dipilih dengan teknik nonprofitability purposive sampling yang merupakan konsumen yang pernah melakukan kunjungan ke Kopi Ireng Dago Bandung. Metode analisis pengolahan data yang digunakan adalah dengan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik (normalitas dan multikolinearitas), uji hipotesis (uji signifikansi parsial dan simultan) dan analisis linear berganda.
Berdasarkan distribusi t tabel sebesar 0,025 : 93 maka didapatkan nilai t tabel sebesar 1.985. Hasil pengujian signifikansi parsial (uji-t) menunjukkan bahwa 3 dari 5 hipotesis yang diuji dalam penelitian ini diterima dan memiliki pengaruh secara parsial terhadap kepuasan konsumen yang diantaranya adalah variabel Feel (X2) dengan nilai t hitung 2,087 lebih besart tabel 1.9850 , variabel Act (X4) dengan nilai t hitung 2,340 lebih besar t tabel 1.9850, dan Relate (X5) dengan nilai t hitung 3,062 lebih besar t tabel 1.9850. Hasil pengujian signifikansi simultan (uji-f) menunjukkan bahwa f hitung 17,247 lebih besar f tabel 2,31 dengan tingkat signifikansi 0,000 lebih kecil 0,05 yang berarti dimensi variabel experiential marketing yang terdiri dari Sense, Feel, Think, Act, dan Relate berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen. Hasil uji koefiesien determinasi menunjukkan bahwa experiential
marketing berpengaruh sebesar 47,8% terhadap kepuasan konsumen di Kopi Ireng Dago Bandung.


References


ANGGRAENI, D. E. A. (2019). PENGARUH EXPERIENTIAL MARKETING DAN SERVICE QUALITY TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA YELLOW TRUCK COFFE BANDUNG (Studi Pada Konsumen Yellow Truck Coffe Bandung Jalan Linggawastu.

Perpustakaan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unpas Bandung.

Ariyanto, M. M. (2016). Pengaruh Penerapan Experiential Marketing terhadap Loyalitas Pelanggan (Study pada Coffee Toffee Malang). Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, 4(2).

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25 Edisi 9. In International Journal of Physiology.

Kartajaya, H. (2010). Connect! Surfing New Wave Marketing. Gramedia Pustaka Utama.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing management (15th global ed.). England: Pearson.

Schmitt, B., & Zarantonello, L. (2013). Consumer experience and experiential marketing: A critical review. In Review of Marketing Research (Vol. 10, Issue 2013). Emerald Group Publishing Limited. Retrieved from https://doi.org/10.1108/S1548-

(2013)0000010006

Seligman, J. (2018). Customer Experience Management-The Experiential Journey. Lulu. com.

Smilansky, S. (2017). Experiential marketing: A practical guide to interactive brand experiences. Kogan Page Publishers.

Sugiyono. (2017). MetodePenelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet. In Sugiyono. (2017). MetodePenelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.

Sugiyono, P. D. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D (M. Dr.Ir. Sutopo. S.Pd (ed.); 1 s.d. 18). ALFABETA, CV.

Tjiptono, F. (2014). Pemasaran Jasa–Prinsip. Penerapan, Dan Penelitian, Andi Offset, Yogyakarta.

Tjiptono, F. (2019). Kepuasan Pelanggan. ANDI.

Wiratna, S. (2015). Statistik untuk Bisnis dan Ekonomi (Yogyakarta). Pustaka Baru Press.

Yunita, M., & Semuel, H. (2009). Analisah Pengaruh Experiential Marketing Terhadap Kepuasan Konsumen Herbs Spa. 266–276.




DOI: https://doi.org/10.61141/home.v3i2.182

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
Contact us: HOME : Hospitality and Gastronomy Journal ; Jl. Kapasa Raya No.23, Kelurahan Kapasa, Kecamatan Tamalanrea Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia