PERAWATAN MESIN LIPAT MANUAL TYPE KNUTH SBS - 1270 MENGGUNAKAN METODE AUTONOMOUS MAINTENANCE

Roberth M. Ratlalan, Syaiful Syaiful, Faruq Ratuhaji

Sari


Perawatan merupakan suatu langkah kegiatan untuk mencegah kerusakan yang terjadi pada mesin dan peralatan dengan tujuan untuk mendukung dan meningkatkan kualitas mesin dan peralatan yang tentu akan membutuhkan suatu perencanaan perawatan guna menjaga mesin dan peralatan tersebut tetap dalam kondisi optimal dan berjalan dengan normal. Salah satu jenis mesin produksi yang masih belum memiliki jadwal perawatan berkala yaitu mesin Lipat manual Type KNUTH SBS - 1270 dimana konstruksi  rancang bangun mesin tekuk plat ini pembuatan penekan didesain menjadi beberapa potong dengan ukuran yang berbeda - beda sehingga akan menghasilkan tekukan dari dua sisi yaitu sisi muka clansisi samping.  Metode Autonomous Maintenance menjadi solusi dalam melaksanakan kegiatan perawatan dengan menghasilkan output untuk mengetahui bagaimana jadwal, kegiatan, dan perencanaan biaya perawatan pada Mesin Lipat Manual Type KNUTH SBS-1270. Hasil dari Penelitian ini berfungsi untuk mengolah dan mempersiapkan data untuk perencanaan perawatan pada mesin lipat manual yang ada di workshop manufaktur AK-Manufaktur Bantaeng. Hasil penelitian berupa tindakan kegiatan perawatan, pejadwalan perawatan dan estimasi rencana biaya perawatan pada mesin lipat manual type KNUTH SBS-1270. 


Teks Lengkap:

Tidak berjudul

Referensi


Associates, J. B. and. (2013). Autonomous Maintenance : Key Points. John Black and Associates LLC. Modul Licence Materials.

Erna Regina Supriatna, I. A. (2014). AUTONOMOUS MAINTENANCE PADA PLANT II PT. INGRESS. Jurnal Teknik Industri ISSN: 1411-6340, 29-41.

ErnaRegina Supriatna, Iveline Anne Marie, A. W. (2015). Autonomous Maintenance Pada Plant Ii Pt. Ingress Malindo Ventures. 29–41. Jurnal Teknik Industri ISSN: 1411-6340

Muklis, Mumuh Muhammad. 2011. Usulan Autonomous Maintenance Mesin CNC Type TMV-760 Pada Produk Pipe Intake 17113-EON40 Hino (Studi Kasus di PT.Wika Intrade Majalengka.

Roberth M. Ratlalan, Muh. Fadil Asiz. PERENCANAAN PENJADWALAN MAINTENANCE MESIN CNC MILLING TYPE GXV 1000 MENGGUNAKKAN METODE ISMO. Jurnal Tematis (Teknologi, Manufaktur dan Industri) Pages 18-28. 2023.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


.Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.