Alat Penggulung Belitan Motor dan Transformator Berbasis Arduino

Mukhlisin Mukhlisin, Irvawansyah Irvawansyah

Sari


Motor listrik sangat penting di dunia industri karena motor listrik dapat mengkonversi energi listrik menjadi energi mekanik (gerak), sehingga berfungsi sebagai penggerak utama untuk memutar mesin-mesin di industri seperti pneumatichidrolik, mesin bubut, mesin gerinda, mesin bor, mesin gergaji, mesin pencampur, mesin giling dan sebagainya. Sedangkan transformator berfungsi menaikkan atau menurunkan tegangan dan arus. Tujuan tugas akhir ini yaitu membuat program dengan sistem interrupt counter agar sensor dapat membaca putaran motor sesuai nilai masukan n_setpoint dan membuat program sehingga motor berhenti saat nilai n_setpoint lebih kecil atau sama dengan nilai pembacaan sensor. Metodologi tugas akhir ini menggunakan jenis metode research and development. Pada tugas akhir ini menghasilkan sebuah alat yang dapat digunakan untuk menggulung belitan transformator dan motor listrik (spiral dan konsentrik). Hasil pengujian secara manual tanpa kawat atau menggunakan kawat dimana jumlah putaran motor DC dan lilitan kawat telah sesuai dengan n_setpoint yang di atur sebelumnya. Pada pengujian secara otomatis tanpa kawat atau menggunakan kawat untuk PWM lebih kecil dari 160 jumlah putaran motor DC dan lilitan kawat telah sesuai dengan n_setpoint yang di atur sebelumnya, sedangkan untuk PWM lebih besar dari160 jumlah putaran dan lilitan kawat lebih 1 dari n_setpoint yang di atur sebelumnya. Sehingga diperoleh tingkat ketelitian untuk pengujian manual sebesar 100%, sedangkan pada pengujian otomatis diperoleh tingkat ketelitian sebesar 98,7%.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


E. dasar, “Zona Elektro,” 17 Oktober 2014. [Online].Available: http://zonaelektro.net/motor- listrik/. [Diakses 21 Agustus 2017].

M. Nahar, A. Prayoga, B. Marnatha dan E. Marulitua, “Transformator,” Teknik Tenaga Listrik, 2010.

R. S. Gapita, A. Hamzah dan Nurhalim, Perancangan Mesin Penggulung Kumparan Transformator Berbasis Mikrokontroler ATmega8535, 2015.

Yandri dan V. Riski, Rancangan bangun alat penggulung kawat email untuk kumparan motor menggunakan, 2016.

Sujadi, “Metodologi Penelitian Pendidikan,” dalam Rineka Cipta, Jakarta, 2002.

F. S. Agung, M. Farhan, Rachmawansyah dan E. P. Widiyanto, “Sistem Deteksi Asap Rokok Pada Ruangan Bebas Asap Rokok Dengan Keluaran Suara,” vol. III, p. 6, 2012.




DOI: https://doi.org/10.61141/joule.v1i2.67

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

INDEXES IN

                                 

Jalan Kapasa Raya No. 23 (KIMA)
Makassar-Sulsel 90245
Email: Joule.TLS@politeknikbosowa.ac.id
https://jurnal.politeknikbosowa.ac.id/

 


View My Stats

 

Creative Commons License
This work is licensed under a
Creative Commons Attribution 4.0 International License.